Hubungan Penggunaan Alat Pelindung Diri Dengan Keluhan Dermatitis Pada Nelayan Ikan Di Desa Mela Ii, Kabupaten Tapanuli Tengah Sumatera Utara

Anggraini, Hafni Mei (2021) Hubungan Penggunaan Alat Pelindung Diri Dengan Keluhan Dermatitis Pada Nelayan Ikan Di Desa Mela Ii, Kabupaten Tapanuli Tengah Sumatera Utara. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA MEDAN.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIXX HAFNI MEI ANGGRAINI PDF.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIXX HAFNI MEI ANGGRAINI PDF.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIXX HAFNI MEI ANGGRAINI PDF.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Nelayan merupakan orang yang melakukan kegiatan penangkapan ikan di permukaan air laut, air payau dan air tawar, nelayan yang menangkap ikan sangat mungkin mengalami kecelakaan akibat pekerjaan atau penyakit akibat kerja. Penyakit akibat kerja adalah suatu penyakit yang mempunyai penyebab spesifik yang berbuhungan dengan kegiatan pekerjaan. Penyakit kulit yang terjadi pada nelayan mungkin dikarenakan kepekatan air laut yang dapat mempengaruhi kulit, hal ini merupakan air laut memiliki sifat rangsangan yang bisa menyebabkan dermatitis kronis. Salah satu upaya pencegahan yang dilakukan untuk mengurangi terjadinya penyakit kulit yaitu dengan melengkapi penggunaan alat pelindung diri (APD) saat bekerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan alat pelindung diri dengan keluhan dermatitis pada nelayan ikan, di Desa Mela II Kabupaten Tapanuli Tengah Sumatera Utara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei analitik dan desain penelitian menggunakan studi cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling berjumlah 98 orang nelayan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa ada hubungan penggunaan alat pelindung diri ddengan keluhan dermatitis pada nelayan dengan p value = 0,020. ….

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 614 Incidence and prevention of disease
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 07 Jan 2022 08:15
Last Modified: 07 Jan 2022 08:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12912

Actions (login required)

View Item View Item