Peran Dinas Perhubungan Kota Medan Dalam Mengawasi Penggunaan Trotoar Menurut Peraturan Daerah No. 9 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Lalu Lintas Angkutan Jalan Dan Fiqh Siyasah

Hafifah, Veni Tri (2021) Peran Dinas Perhubungan Kota Medan Dalam Mengawasi Penggunaan Trotoar Menurut Peraturan Daerah No. 9 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Lalu Lintas Angkutan Jalan Dan Fiqh Siyasah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI VENI TRI HAFIFAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “PERAN DINAS PERHUBUNGAN KOTA MEDAN DALAM MENGAWASI PENGGUNAAN TROTOAR MENURUT PERATURAN DAERAH NO. 9 TAHUN 2016 TENTANG PENYELENGGARAAN LALU LINTAS ANGKUTAN JALAN DAN FIQH SIYASAH (Studi Kasus di Kecamatan Medan Kota, Kota Medan)” Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilakukan di Kecamatan Medan Kota, Kota Medan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran dinas perhubungan kota medan dalam mengawasi penggunaan trotoar di kecamatan medan kota, bagaimana efektivitas penggunaan trotoar berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Lalu lintas dan angkutan jalan di kecamatan medan kota dan bagaimana pandangan fiqh siyasah terhadap peran dinas perhubungan kota medan dalam mengawasi penggunaan trotoar menurut peraturan daerah nomor 9 tahun 2016 tentang penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan dan fiqh siyasah di kecamatan Medan kota. Dalam penelitian ini penulis menetapkan masyarakat pengguna jalan di trotoar kecamatan medan kota sebagai sample penelitian. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan cara: Observasi (pengamatan), Interview (Wawancara) dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa realita peran dinas perhubungan dalam mengawasi penggunaan trotoar di kecamatan medan kota masih kurang sesuai. Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Perhubungan menyatakan bahwa sudah melakukan semaksimal mungkin agar masyarakat nyaman dalam berlalu lintas dijalan. Namun, pada fakta dilapangan masih banyaknya masyarakat yang menggunakan trotoar sebagai area parkir yang menyebabkan pejalan kaki tidak dapat menggunakan hak nya untuk berjalan kaki diatas trotoar. Sedangkan dalam perspektif siyasah syar’iyah dan siyasah dusturiyah mengawasi penggunaan trotoar memiliki tujuan untuk mensejahterakan masyarakat sebagaimana yang di atur dalam peraturan daerah nomor 9 tahun 2016 tentang penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan. Siyasah syar’iyah merupakan penentuan kebijakan pengurusan masalah kenegaraan yang berdasarkan syariat sebagai hukum yang mengatur tentang kepentingan negara menyelesaikan permasalahan umat yang terjadi berdasarkan jiwa syariat dan pada dasar yang menyeluruh demi terwujudnya tujuan dari kemasyarakatan. Dan analisis dari siyasah dusturiyah merupakan fiqh siyasah yang membahas tentang perundang-undangan negara tidak boleh suatu umat melanggar peraturan Lalu Lintas yang sudah dibentuk oleh pemerintah karena akan menimbulkan bahaya bagi orang lain. baik itu keselamatan, keamanan dan kenyamanan dari masyarakat. Jadi, peran dinas perhubungan dalam mengawasi penggunaan trotoar belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Dimana, penggunaan trotoar sebagai hak dari pejalan kaki belum benar-benar terealisasi dengan baik, disebabkan masih banyaknya masyarakat yang belum patuh terhadap peraturan yang sudah berlaku.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.7 Hukum Internasional > 2X4.71 Hukum ketatanegaraan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:55
Last Modified: 09 Apr 2022 05:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12901

Actions (login required)

View Item View Item