Pengaruh Ajaran Tasawuf Tentang Sifat Muroqobah Terhadap Etos Kerja Karyawan Kantor Desa Sei Paham Kecamatan Sei Kepayang Kabupaten Asahan

Umairoh, Annisa (2021) Pengaruh Ajaran Tasawuf Tentang Sifat Muroqobah Terhadap Etos Kerja Karyawan Kantor Desa Sei Paham Kecamatan Sei Kepayang Kabupaten Asahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANNISA UMAIROH 2021 (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa pengaruh sifat muroqobah terhadap etos kerja pada karyawan kantor Desa Sei Paham Kecamatan Sei Kepayang Kabupaten Asahan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan memakai pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa tulisan dan tindakan serta perilaku yang dapat diamati dari subjek. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Latar belakang masalah yang terjadi ialah terdapat penurunan etos kerja yang berdampak buruk pada prestasi dan kinerja karyawan di kantor Desa tersebut sehingga juga mengakibatkan penurunan kedisiplinan dan pelayanan masyarakat yang tidak maksimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sifat muroqobah dalam etos kerja sangat berpengaruh terhadap kualitas dan kreativitas pada kinerja karyawan, Hasil temuan dilapangan dan berbagai data yang didapat dari beberapa sumber menunjukkan karyawan Desa Sei Paham Kecamatan Sei Kepayang Kabupaten Asahan ini tidak semuanya menerapkan sifat muroqobah dalam etos kerja, hal ini ternyata di latarbelakangi oleh beberapa faktor yakni dari faktor spritual yang lemah dan faktor lingkungan yang menjadikan kualitas etos kerja karyawan tersebut menurun. Sifat muroqobah perlu di tanamkan serta dikembangkan dalam diri seseorang karena akan menjadi suatu kesadaran yang mendorong diri untuk berhati-hati dalam bekerja karena merasa sedang dalam pengawasan Allah, yang kesadaran itu akan melahirkan tindakan berbenah diri serta melakukan peningkatan pada kualitas dan kreativitas dalam bekerja. Hal ini akan berdampak baik terhadap etos kerja dan prestasi kerja karyawan, namun jika kenyataan nya sifat muroqobah tidak di realisasikan dengan baik, mana akan menimbulkan dampak buruk terhadap kualitas kinerja diri maupun orang lain.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Akidah dan Filsafat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:23
Last Modified: 07 Jan 2022 07:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12895

Actions (login required)

View Item View Item