Metode Dakwah Yayasan Pembinaan Mualaf Al-Muhajirin Bumi Asri Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Tauhid Terhadap Mualaf Di Kecamatan Medan Helvetia Kota Medan

Pratiwi, Indah Kinanti (2021) Metode Dakwah Yayasan Pembinaan Mualaf Al-Muhajirin Bumi Asri Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Tauhid Terhadap Mualaf Di Kecamatan Medan Helvetia Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
skripsi jilid (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode dakwah Yayasan Pembinaan Mualaf Al Muhajirin Bumi Asri dalam menumbuhkan nilai-nilai tauhid terhadap mualaf di Kecamatan Medan Helvetia Kota Medan dan untuk mengetahui kegiatan dakwah yang sudah dilakukan.Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data pada penelitian ini adalah teknik utama digunakan adalah wawancara terstruktur, sebagai pendukung digunakan observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa metode dakwah Yayasan Pembinaan Mualaf Al Muhajirin Bumi Asri dalam menumbuhkan nilai-nilai tauhid terhadap mualaf pada dasarnya bermuara kepada metode Bil hikmah. Sebab dalam kegiatan dakwahnya Yayasan senantiasa menyampaikan dengan ceramah, mencontohkan perkataan dan perbuatan yang baik. Selain itu metode al-Mauizatil Hasanah tujuan dari metode tersebut adalah agar apa yang disampaikan dapat diserap dan diterima dengan baik oleh mualaf dikarenakan metode ini dapat disampaikan melalui hati kehati dan lebih mengena ke hati mualaf tersebut lalu memberikan pengajaran yang baik (Mauizahtil hasanah) dengan empat cara yaitu; Iqra’/ membaca, menghafal, murojaah, prakrik. Namun jika digaris besarkan yang dipelajari mengenai tentang akidah/nilai-nilai ketauhidan dengan belajar ibadah, menghafal doa-doa sholat, doa-doa berwudhu, praktik wudhu dan sholat serta mengenai tentang akhlak. Pendekatan interpersonal juga dilakukan dengan melihat psikologis mualaf yang didik di Yayasan Pembinaan Mualaf Al Muhajirin Bumi Asri.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 07 Jan 2022 06:30
Last Modified: 07 Jan 2022 06:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12892

Actions (login required)

View Item View Item