Peran Pemerintah Daerah Dalam Rangka Pengembangan Ekonomi Kreatif Pada Sektor Kerajinan Di Kabupaten Batu Bara (Studi Kasus Kerajinan Tenun Songket Di Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara)

Wardani, Putri Kesuma (2021) Peran Pemerintah Daerah Dalam Rangka Pengembangan Ekonomi Kreatif Pada Sektor Kerajinan Di Kabupaten Batu Bara (Studi Kasus Kerajinan Tenun Songket Di Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PUTRI K. WARDANI.palingfix.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja hambatan dan peran (upaya) pemerintah daerah dalam pengembangan ekonomi kreatif pada sektor kerajinan di Kabupeten Batu Bara. Pemerintah daerah sebagai peran perencana untuk mendesain dan membentuk interaksi dalam suatu proses menuju sasaran yang ingin dicapai yakni salah satunya pengembangan ekonomi kreatif pada sektor kerajinan khususnya pada kerajinan Tenun Songket Batu Bara. Ekonomi Kreatif ( Industri Kreatif) adalah sebuah konsep ekonomi baru yang mengandalkan gagasan, ide, atau kreativitas dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonomi. Kain tenun songket merupakan salah satu hasil budaya masyarakat dan merupakan produk kerajinan yang unggul di Kabupaten Batu Bara. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu data primer dengan mewawancarai informan yang terdiri Organisasi Perangkat Daerah, Sejarawan, dan Pengrajin Tenun Songket Batu Bara. Sedangkan data sekunder didapat dengan mengutip sumber dari Al- Qur’an, beberapa dokumen pemerintah, buku, jurnal, media tulis lainnya dan website. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam rangka pengembangan ekonomi kreatif pada sektor kerajinan di Kabupaten Batu Bara khususnya pada kerajinan Tenun Songket Batu Bara pemerintah mengalami hambatan yaitu karena harga songket yang tinggi sehingga berdampak pada pemasarannya, terdapat sumber daya manusia yang kurang terlatih untuk bisa lebih kreatif dan berinovatif. Disisi lain Pemerintah daerah terlibat langsung dalam pengembangan kerajinan di Kabupaten Batu Bara. Pemerintah daerah mempunyai peran sebagai fasilitator, koordinator, dan membantu dalam hal pemasaran melalui promosi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 07 Jan 2022 05:08
Last Modified: 07 Jan 2022 05:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12886

Actions (login required)

View Item View Item