Harmis, Nabilah Santika (2021) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (Uks) Di Sd Negeri 060903 Kecamatan Medan Helvetia. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
|
Text
Nabilah Santika Harmis skripsi fix-dikonversi.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Usaha kesehatan sekolah adalah program pemerintah untuk memajukan pelayanan kesehatan, pendidikan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat atau tercapainya hidup sehat bagi warga sekolah. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 060903 Kecamatan Medan Helvetia, bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor yang berhubungan dengan pelaksanaan program UKS di SD Negeri 060903 Kecamatan Medan Helvetia. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional (potong lintang) dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 6 di SD Negeri 060903 Kecamatan Medan Helvetia dengan sampel yang berjumlah 45 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling. Penelitian ini menggunakan instrument berupa kuesioner. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan terhadap pelaksanaan UKS dengan P Value = 0,044 < 0,05, terdapat hubungan yang signifikan antara sikap terhadap pelaksanaan UKS dengan P Value = 0,030 < 0,05 dan tidak ada hubungan yang signifikan antara sarana dan prasarana terhadap pelaksanaan UKS dengan P Value = 0,604 > 0,05. Berdasarkan penelitian ini diharapkan sekolah dapat melaksanakan program UKS lebih baik lagi agar dapat dirasakan manfaatnya oleh semua penduduk sekolah.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Muhammad Aditya |
Date Deposited: | 07 Jan 2022 04:42 |
Last Modified: | 07 Jan 2022 04:42 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12871 |
Actions (login required)
View Item |