Analisis Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) (Studi Kasus Pada Satu Sekolah Dasar Negeri di Binjai Utara)

Sari, Delfa Indah (2021) Analisis Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) (Studi Kasus Pada Satu Sekolah Dasar Negeri di Binjai Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi Delfa Indah Sari.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Akuntabilitas dan transparansi merupakan kebijakan dalam pengelolaan keuangan sekolah yang harus diterapkan pada setiap Sekolah. Akuntabilitas dan transparansi pengelolaan dana BOS dinilai sangat penting karena, dengan sekolah menerapkan prinsip tersebut maka sekolah dapat dipercaya serta dapat meningkatkan partisipasi komponen sekolah. Untuk mencapai tujuan sekolah maka diperlukan upaya yang lebih dari sekolah dengan cara salah satunya yaitu dengan pengelolaan keuangan dana BOS yang baik dan menerapkan prinsip akuntabilitas dan transparansi dana BOS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada satu Sekolah Dasar Negeri di Binjai Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, penulis mewawancarai beberapa narasumber yaitu: Kepala Sekolah, Bendahara BOS, Komite Sekolah dan Guru Honor pada satu SD Negeri di Binjai Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan dana BOS sudah cukup baik, yaitu dengan adanya RKAS dalam perencanaan dana BOS, kesesuaian aturan dan petunjuk teknis penggunaan dan pelaksanaan dana BOS dengan realiasasinya, serta pelaksanaan pelaporan dan pertanggungjawaban dana BOS kepada Sekolah, Kabupaten/Kota dan Pemerintah Pusat. Faktanya menunjukkan bahwa sekolah sudah cukup baik menerapkan prinsip akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan dana BOS sesuai dengan aturan pemerintah atau petunjuk teknis penggunaan dana BOS.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas, Transparansi, dan Pengelolaan Dana BOS.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 07 Jan 2022 04:08
Last Modified: 07 Jan 2022 04:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12857

Actions (login required)

View Item View Item