Pengaruh Perputaran Aktiva Tetap Dan Biaya Operasional Terhadap Profitabilitas Pada Pt Perkebunan Nusantara Iii Persero Medan

Syahfitri, Dian (2021) Pengaruh Perputaran Aktiva Tetap Dan Biaya Operasional Terhadap Profitabilitas Pada Pt Perkebunan Nusantara Iii Persero Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DIAN SYAHFITRI (NIM. 0502162106).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh perputaran aktiva tetap dan biaya operasional terhadap profitabilitas secara parsial dan simultan pada PT Perkebunan Nusantara III Persero Medan. Latar belakang masalah pada penelitian ini yaitu mengalami masalah peningkatan dan penurunan perputaran aktiva tetap dan penggunaan biaya operasional yang berdampak pada tingkat profitabilitasperusahaan. Populasi pada penelitian ini yaitu Neraca dan Laporan Laba Rugi PT Perkebunan Nusantara III (Persero) mulai berdiri tahun 1996 sampai tahun 2018dan sampel yang digunakan Neraca dan Laporan Laba Rugi selama 5 tahun mulai tahun 2014 sampai tahun 2018. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dimana Perputaran Aktiva Tetap dan Biaya Operasionalsebagai variabel independen dan Profitabilitas yaitu rasio ROA sebagai variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial perputaran aktiva tetap berpengaruh sebesar 18,980 dengan tingkat signifikan yang diperoleh sebesar 0,00 terhadap rasio ROA. Sedangkan biaya operasional berpengaruh sebesar 5,144 dengan tingkat signifikan yang diperoleh sebesar 0,00 terhadap rasio ROA. Secara simultan perputaran aktiva tetap dan biaya operasional berpengaruh terhadap rasio ROA sebesar 180,547 dengan tingkat signifikan sebesar 0,00. Sedangkan dari hasil koefisien determinan (R2 ) menunjukkan pengaruh perputaran aktiva tetap dan biaya operasional berpengaruh sebesar 0,477 terhadap rasio ROA. Hal ini menunjukan bahwa sebesar 47,7% rasio ROA dipengaruhi oleh perputaran aktiva tetap dan biaya operasional.Sedangkan sisanya sebesar 52,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:50
Last Modified: 07 Jan 2022 03:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12847

Actions (login required)

View Item View Item