Analisis Spasial Sebaran Dan Faktor Risiko Tuberkulosis Paru Di Wilayah Kerja Puskesmas Kalangan, Kabupaten Tapanuli Tengah

Pasaribu, Rahayu Sakinah (2021) Analisis Spasial Sebaran Dan Faktor Risiko Tuberkulosis Paru Di Wilayah Kerja Puskesmas Kalangan, Kabupaten Tapanuli Tengah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
2SKRIPSI RAHAYU SAKINAH PASARIBU (PARAFRASE) - Copy.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tuberkulosis masih menjadi masalah kesehatan baik di dunia maupun di Indonesia. Kecamatan Pandan merupakan penyumbang kasus Tuberkulosis paru sebanyak 78 kasus di tahun 2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis secara spasial kejadian Tuberkulosis Paru berdasarkan Umur, Jenis Kelamin, Pendidikan, Pekerjaan, Konsumsi Alkohol, Merokok, Diabetes, Kepadatan Hunian Rumah, Suhu Rumah, Ventilasi Rumah, Kelembaban Rumah, Jenis Dinding Rumah, Jenis Lantai Rumah, dan Pencahayaan Rumah Di Wilayah Kerja Puskesmas Kalangan Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan studi ekologi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh penderita Tuberkulosis Paru. Sampel untuk pemetaan adalah 59 orang. Sampel kasus pada penelitian ini adalah penderita TB Paru dengan alamat yang lengkap. Data penderita TB diperoleh dari Puskesmas Kalangan. Data individu diperoleh melalui wawancara dan posisi koordinat dengan aplikasi Google Maps. Analisis data dilakukan dengan menggunakan software Arcgis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden berumur produktif (15-64 Tahun) (96,6%), berjenis kelamin laki-laki (61,0%), berpendidikan rendah (≤SMA) (69,5%), berkeja (69,5%), tidak memiliki riwayat konsumsi alkohol (88,1%), merokok (55,9%), tidak memiliki riwayat diabetes (78,0%), kepadatan hunian rumah yang tidak memenuhi syarat (89,8%), suhu rumah yang tidak memenuhi syarat (67,8%), ventilasi rumah yang tidak memenuhi syarat (88,1%), kelembaban rumah yang tidak memenuhi syarat (100,0%), jenis dinding rumah yang memenuhi syarat (61,0%), jenis lantai rumah yang memnuhi syarat (57,6%), dan pencahayaan rumah yang memenuhi syarat (62,7%). Dinas Kesehatan dan Puskesmas diharapkan dapat meningkatkan kegiatan promosi PHBS, penanggulangan perilaku merokok, dan menjaga lingkungan sehat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 07 Jan 2022 04:23
Last Modified: 07 Jan 2022 04:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12844

Actions (login required)

View Item View Item