Analisis Dampak Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Terhadap Kondisi Perekonomian Masyarakat Desa Tanjung Pasir Kecamatan Pangkalan Susu

Ginting, Nurayni (2021) Analisis Dampak Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Terhadap Kondisi Perekonomian Masyarakat Desa Tanjung Pasir Kecamatan Pangkalan Susu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Nurayni selesai.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang dilakukan di Desa Tanjung Pasir Kecamatan Pangkalan Susu telah memberikan beberapa dampak bagi mata pencaharian masyarakat sekitar, seperti menurunkan pendapatan masyarakat nelayan tambak yang berada di sekitaran kawasan pembangunan PLTU dikarenakan adanya limbah yang dihasilkan oleh PLTU yang mencemari kawasan tambak sehingga mempengaruhi hasil panen nelayan tambak dan memberikan peluang kerja dan usaha baru bagi masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Desa Tanjung Pasir apakah memberikan perbedaan atau tidak terhadap kondisi perekonomian masyarakat Desa Tanjung Pasir. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Campuran (Mixed Method). Pengumpulan data berupa wawancara secara mendalam (in depth interview). Metode analisis data yang digunakan adalah metode Uji Beda menggunakan Uji Paired Sample T-test. Berdasarkan uji paired sample t-test diketahui bahwa nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,000. Artinya nilai Sig. (2-tailed) < 0,05, maka dapat ditarik simpulan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara kondisi perekonomian masyarakat Desa Tanjung Pasir pada data sebelum adanya PLTU dan setelah adanya PLTU. Pada paired sample t-test tersebut juga diketahui bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 4.228 > 1,681, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi kesimpulannya adalah Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Di Desa Tanjung Pasir membawa perbedaan terhadap kondisi perekonomian masyarakat di desa tersebut.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 06 Jan 2022 07:50
Last Modified: 06 Jan 2022 07:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12835

Actions (login required)

View Item View Item