Analisis Implementasi Perencanaan Dan Partisipatif Masyarakat Dalam Pembangunan Infrastruktur Publik Di Desa Pantai Cermin Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat

Basri, Hasan (2021) Analisis Implementasi Perencanaan Dan Partisipatif Masyarakat Dalam Pembangunan Infrastruktur Publik Di Desa Pantai Cermin Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HASAN BASRI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembangunan yang diharapkan oleh masyarakat adalah pembangunan yang bersifat berdaya guna dan manfaatnya dapat benar- benar dirasakan oleh masyarakat itu sendiri. Bukan pembangunan yang hanya dibuat semata-mata untuk pajangan saja agar terlihat ada pembangunan tetapi manfaatnya tidak dapat dirasakan oleh masyarakat. Seperti pembangunan untuk penyediaan air bersih untuk warga desa Pantai Cermin yang tidak merata, dan juga bagaimana cara pemerintah desa setempat untuk mengajak para warga ikut berpartisipasi dalam pembangunan, agar pembangunan infrastruktur desa jalan sesuai kebutuhan masyarakatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pelaksanaan perencanaan pembangunan, bagaimana partisipasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan dan pemeliharaan pembangunan dan bagaimana peran pemerintah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan infrastruktur di Desa Pantai Cermin Kabupaten Langkat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan implementasi pelaksanaan perencanaan pembangunan sudah berjalan cukup baik seperti dalam perencanaannya, untuk partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunannya dikatakan masih cukup rendah terbukti dari hasil wawancara yang peneliti lakukan dan juga karena tidak meratanya ajakan untuk berpartisipasi dari pemerintah desa setempat, dan untuk bagaimana peran pemerintah sendiri dalam meningkatkan partisipasi masyarakatnya juga hanya sebatas dengan mengajak gotong-royong dan musrenbang saja.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 06 Jan 2022 07:50
Last Modified: 06 Jan 2022 07:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12834

Actions (login required)

View Item View Item