Hubungan Limbah Galundung (Mesin Pengolah Emas) dengan Kejadian Dermatitis Kontak Iritan di Desa Mondan Kecamatan Hutabargot Mandailing Natal

Nissa, Nur Ifani Chairun (2021) Hubungan Limbah Galundung (Mesin Pengolah Emas) dengan Kejadian Dermatitis Kontak Iritan di Desa Mondan Kecamatan Hutabargot Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
NUR IFANI CHAIRUN NISSA- SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kejadian dermatitis kontak iritan akibat limbah galundung merupakan kejadian keluhan kulit yang disebabkan adanya kontak bahan kimia ataupun bahan iritan kedalam kulit yang menyebabkan kulit mengalami iritasi. Iritasi yang dialami akibat kontak dengan limbah galundung yang dialirkan ke sungai secara terus menerus membuat masyarakat lebih rentan terkena iritasi seperti gatal-gatal dan erizema (kulit kemerahan). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara limbah galundung (mesin pengolah emas) dengan kejadian dermatitis kontak iritan di Desa Mondan, Kecamatan Hutabargot, Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel merupakan teknik simple random sampling terhadap 66 masyarakat Desa Mondan. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner dan uji laboratorium sampel air sungai di tiga titik lokasi yaitu hulu, tengah, dan hilir. Hasil kuesioner ini dianalisis dengan menggunakan uji Chi square dan diketahui bahwa ada hubungan limbah galundung (mesin pengolah emas) dengan kejadian dermatitis kontak iritan dengan nilai p=0,02 dan p=0,04. Jumlah merkuri dalam air sungai berdasarkan hasil uji laboratorium yaitu di hulu ada 0,009 μg/L, dan tengah 0,002 μg/L yang sudah melebihi batas merkuri dalam air (0,001 μg/L). Sedangkan hilir 0,0004 μg/L yang masih berada dibawah ambang batas merkuri dalam air.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Limbah Galundung, Merkuri, Air Sungai, Kejadian Dermatitis Kontak Iritan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 06 Jan 2022 07:22
Last Modified: 06 Jan 2022 07:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12828

Actions (login required)

View Item View Item