Analisis Kinerja Sumber Daya Manusia Perpustakaan Dalam Memberikan Layanan Sirkulasi Di Perpustakaan Kepolisian Daerah Sumatera Utara

Tanjung, Syahfira (2021) Analisis Kinerja Sumber Daya Manusia Perpustakaan Dalam Memberikan Layanan Sirkulasi Di Perpustakaan Kepolisian Daerah Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SYAHFIRA TANJUNG - ILMU PERPUSTAKAAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis kinerja sumber daya manusia perpustakaan dalam memberikan layanan sirkulasi di Perpustakaan Kepolisian Daerah Sumatera Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja SDM perpustakaan Poldasu dalam memberikan layanan sirkulasi kepada pengguna di perpustakaan dengan menggunakan indikator kinerja yaitu ( pengetahuan, sikap, dan dispilin) dan menganalisis kinerja SDM dengan menggunakan Analisis SWOT untuk melihat kekuatan, kelemahan, ancaman, dan peluang. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian ini bermaksud untuk mengungkapkan fenomena yang ada di lapangan dengan keadaan sebenarnya yang dialami oleh subjek penelitian misalnya, kinerja, sumber daya manusia, layanan sirkulasi, dan lain sebagainya. Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi informan adalah SDM perpustakaan Poldasu sebanyak 2 orang yang mana aktif dalam kegiatan melayani pengguna dibagian layanan sirkulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja SDM perpustakaan Poldasu dalam memberikan layanan sirkulasi berkaitan dengan indikator kinerja yaitu (pengetahuan, sikap, dan disiplin) dan analisis SWOT untuk mengetahui kinerja SDM . Penelitian ini menyimpulkan bahwa SDM perpustakaan Poldasu minim pengetahuan dibidang perpustakaan sehingga merasa bingung dan mengalami kendala dalam menjalankan tugas dibagian layanan sirkulasi, hal ini disebabkan karena tidak dari sarjana perpustakaan maupun tidak mengukuti pelatihan kepustakawanan. Tetapi disiplin dan sikap SDM perpustakaan sudah cukup bagus karena mengikuti dan menjalankan aturan yang berlaku di lembaga kepolisian, misalnya menerapkan 3S, berseragam sesuai aturan, bekerja maksimal, dan lain sebagainya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja SDM perpustakaan, Indikator kinerja, dan Layanan sirkulasi
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences > 025 Library operations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Perpustakaan > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 06 Jan 2022 06:58
Last Modified: 06 Jan 2022 06:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12824

Actions (login required)

View Item View Item