Pengaruh Efisiensi Biaya Bahan Baku Dan Efisiensi Biaya Tenaga Kerja Langsung Terhadapa Rasio Gross Profit Margin Pada Kembar Steel, Pulau Raja, Asahan

Lubis, Ade Trilia (2021) Pengaruh Efisiensi Biaya Bahan Baku Dan Efisiensi Biaya Tenaga Kerja Langsung Terhadapa Rasio Gross Profit Margin Pada Kembar Steel, Pulau Raja, Asahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ADE TRILIA LUBIS S.AKUN (0502162089).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini dilakukan efesiensi biaya bahan baku dan efesiensi biaya tenaga kerja langsung terhadap rasio gross profit margin pada Bengkel Las “ Kembar Steel” yang melakukan proses produksi dengan tidak memposisikan biaya-biaya dalam pembuatan produk tersebut melainkan menggabungkan semua biaya dari beberapa produk dalam satu produksi pemberian gaji yang tidak memperkirakan jam kerja,dan pembelian bahan baku yang berlebihan tanpa memperkirakan jumlah bahan baku yang dibuuhkan dalam proses produksi.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis seberapa besar pengaruh efisiensi biaya bahan baku dan efisiensi biaya tenaga kerja langsung terhadap rasio gross profit margin pada Kembar Steel, Pulau Raja, Asahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan aplikasi Eviews. Data yang digunakan adalah berupa data biaya bahan baku,tenaga kerja langsung dan laba kotor dari tahun 2015-2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan analisis data menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efisiensi biaya bahan baku dan efisiesi biaya tenaga kerja langsung secara simultan berpengaru terhadap rasio gross profit margin sebesar 30,12 %, sedangkan sisanya 69,88 % dijelaskan oleh variabel diluar model.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 06 Jan 2022 03:35
Last Modified: 06 Jan 2022 03:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12811

Actions (login required)

View Item View Item