Analisis Optimalisasi Bprs Dalam Pengelolaan Zakat Untuk Meningkatkan Beasiswa Pendidikan Mahasiswa Di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (Studi Kasus Bprs Puduarta Insani)

Humaira, Nabila (2021) Analisis Optimalisasi Bprs Dalam Pengelolaan Zakat Untuk Meningkatkan Beasiswa Pendidikan Mahasiswa Di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (Studi Kasus Bprs Puduarta Insani). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi nabila humaira NEW (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

BPRS Puduarta Insani menjadi salah satu UPZ yang berada di Sumatera Utara, dalam penyaluran zakat BPRS Puduarta Insani banyak membantu dalam bidang sosial, kemanusian dan pendidikan. Khusus bidang pendidikan penyaluran zakat di berikan kepada mahasiswa berperstasi, pelajar Tahfiz dan tidak mampu. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana optimalisasi BPRS dalam pengelolahan Zakat untuk meningkatkan beasiswa pendidikan mahasiswa di UIN Sumatera Utara ?, dan bagaimana tantangan dan peluang dalam pengelolahan beasiswa pendidikan mahasiswa di UIN Sumatera Utara?. Adapun metode penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan cara wawancara, observasi. Hasil penelitian menunjukan kurang optimal, khususnya pada bantuan beasiswa bagi mahasiswa UIN Sumatera Utara meski sudah sesuai dengan Standar Operasional Perusahaan dengan ketetapan SK pembentukan pengurus unit pengumpulan zakat dari BAZNAS. Tantangan dalam pengelolahan beasiswa pendidikan mahaiswa di UIN Sumatera Utara, secara internal tentunya para mahasiswa harus mengikut syarat yang diberlakukan oleh BPRS untuk mendapatkan beasiswa, hal ini hanya berlaku sekali. Cara penyaluran zakat masih melalui metode word of mouth (mulut ke mulut), sehingga dalam keadaan mendesak tidak lagi menggunakan syarat- syarat tertulis, belum ada program yang pemberdayaan. Adapun peluang bagi BRPS dalam pengelolaan zakat adalah menerima bantuan pendidikan dari kalangan mana saja yang sesuai dengan syarat tertulis. Membudayakan kebiasaan membayar zakat tepat waktu dan perluasaan bentuk penyaluran zakat kemana saja secara cerdas dan kreatif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi Zakat, BPRS Puduarta Insani, dan Beasiswa Pendidikan
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Jan 2022 04:50
Last Modified: 05 Jan 2022 04:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12803

Actions (login required)

View Item View Item