Model Bimbingan Preventif Orang Tua Dalam Mencegah Adiksi Game Online Pada Remaja Di Desa Air Teluk Hessa Kecamatan Air Batu

Pujawati, Indah (2021) Model Bimbingan Preventif Orang Tua Dalam Mencegah Adiksi Game Online Pada Remaja Di Desa Air Teluk Hessa Kecamatan Air Batu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI INDAH PJWTIii.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana bimbingan yang diberikan orang tua dalam mencegah kecanduan game online pada anak remaja yang ada di Desa Air Teluk Hessa. Penelitian ini menggunkan metode kualitatif deskriptif yang berdasarkan riset lapangan, dan ada 10 informan yaitu 5 orang tua yang memiliki anak gemar bermain game online dan 5 orang anak yang gemar bermain game online. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab anak gemar bermain game online adalah karena kurangnya pengawasan dari orang tua, faktor lingkungan, serta fakor dari dalam diri yang bermain game online untuk menghibur diri. Orang tua sangat berperan penting dalam mencegah anak kecanduan bermain game online. Orang tua dapat melakukannya dengan cara mendampingi atau mengawasi anak ketika bermain game online, memberikan batasan kepada anak saat anak bermain game online, menyibukkan anak dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, dan memberikan wawasan akan bahayanya game online apabila dimainkan dengan berlebihan. Dalam memberikan bimbingan kepada anak remaja ada hambatan yang dialami orang tua yaitu kesibukan masing-masing pihak, kepribadian anak yang sulit menerima masukan, emosi orang tua, dan pengetahuan yang kurang terkait game online.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:54
Last Modified: 05 Jan 2022 03:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12797

Actions (login required)

View Item View Item