Asyikin, Nurul (2021) Pengembangan Buku Cerita Bergambar Sebagai Sumber Belajar Pada Pembelajaran Tematik Di MIS Mutiara Sei Mencirim. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI NURUL ASYIKIN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah- langkah pengembangan buku cerita bergambar sebagai sumber belajar pada pembelajaran tematik yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan yaitu 4D yang meliputi Define (pendefenisian), Design (perancangan), Development (pengembangan). Pada penelitian pengembangan ini, peneliti membatasi tahap pengembangan hanya sampai pada tahap development (pengembangan). Subjek penelitian ini adalah 22 peserta didik kelas I MIS Mutiara Sei Mencirim. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan buku cerita bergambar sebagai sumber belajar yang dikembangkan adalah dengan lembar validasi oleh validator dosen dan guru. Adapun dalam mengukur kepraktisan buku cerita bergambar digunakan dengan instrumen angket respon peserta didik, serta untuk mengukur keefektifan buku cerita bergambar digunakan instrumen dengan soal pretest dan post-test. Hasil pengembangan buku cerita bergambar sebagai sumber belajar pada pembelajaran tematik memenuhi kriteria valid dengan hasil (1) Validasi ahli media 94% (2) Validasi ahli bahasa 80% (3) Validasi ahli pembelajaran dan uji coba guru 80%. Kepraktisan berdasarkan angket respon peserta didik mendapatkan skor 97,36% yang berarti perangkat yang dikembangankan memiliki kualitas yang sangat praktis. Keefektifan diperoleh nilai rata-rata pretest dan post-test yaitu 52,72>84,54. Sedangkan pada perhitungan uji t manual dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil thitung > ttabel = 12,56 > 2,080 artinya H0 di tolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan terhadap sumber belajar yang digunakan.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Cerita Bergambar, Sumber Belajar, Pembelajaran Tematik |
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 09:04 |
Last Modified: | 04 Jan 2022 09:04 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12795 |
Actions (login required)
View Item |