Peran Pengasuh Pengganti dalam Membina Anak (Studi terhadap Keluarga Tenaga Kerja Indonesia Di Desa Sait Buttu Saribu Kecamatan Pamatang Sidamanik Kabupaten Simalungun)

Isnaini, Nurul (2021) Peran Pengasuh Pengganti dalam Membina Anak (Studi terhadap Keluarga Tenaga Kerja Indonesia Di Desa Sait Buttu Saribu Kecamatan Pamatang Sidamanik Kabupaten Simalungun). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi nurul isnaini_0102172062_FDK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi pengasuh pengganti dalam membina dan dampaknya terhadap kesehatan mental anak ditinggal ibu sebagai Tenaga Kerja Indonesia di Desa Sait Buttu Saribu Kecamatan Pamatang Sidamanik Kabupaten Simalungun. Jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian adalah terdapat 4 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling, sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa, (1) Fungsi pengasuh pengganti dalam membina anak yang ditinggal ibu bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia di Desa Sait Buttu Saribu Kecamatan Pamatang Siamanik Kabupaten Simalungun adalah dalam bentuk memberikan pengertian kepada anak asuh dan memberikan pembelajaran yang baik dan membimbing anak sesuai karakter yang berbeda-beda serta menanggulangi kenakalan pada anak. (2) Dampak terhadap kesehatan mental anak dapat ditinjau dari aspek positif dan negatif. Dampak positif yang terjadi terhadap kesehatan mental anak yaitu sebagian anak dapat tetap berprestasi, dapat terbiasa ditinggal orang tua dan mandiri serta anak dapat meningkatkan potensi yang ada dalam diri anak tersebut, sedangkan dampak negatif yang terjadi terhadap kesehatan mental anak yaitu seorang anak tidak mampu meningkatkan potensi yang ada dalam dirinya, anak merasa sedih ditinggal orang tua dan minim kasih sayang, anak tidak bisa mandiri dan juga tidak bisa tidur dengan ayah dan ibu

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam > 2X7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 Jan 2022 08:11
Last Modified: 04 Jan 2022 08:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12790

Actions (login required)

View Item View Item