Peran Kelompok Wanita Tani (KWT) Arse Nauli Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Kelurahan Arse Nauli Kecamatan Arse Kabupaten Tapanuli Selatan

Simatupang, Yulpani Aprilia (2020) Peran Kelompok Wanita Tani (KWT) Arse Nauli Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Kelurahan Arse Nauli Kecamatan Arse Kabupaten Tapanuli Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YULPANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk keterlibatan Kelompok Wanita Tani Arse Nauli dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat dan hasil yang dicapai dari upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat di Kelurahan Arse nauli serta faktor pendukung dan penghambat Kelompok Wanita Tani Arse Nauli dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat.Metode penelitian ini menggukan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data dilihat validitas datanya dan dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kelompok Wanita Tani (KWT) Arse Nauli ini menjadi wadah perempuan memiliki akses dan kesempatan untuk berpartisipasi dalam kehidupa masyarakat. menyediakan kesempatan untuk perempuan di Kelurahan Arse Nauli berpartisipasi dalam menambah wawasan, pengetahuan, mempunyai motivasi, melatih keterampilan para anggotanya agar berkembang. Dengan demikian perempuan juga memiliki kesempatan untuk membantu meningkatkan pendapatan keluarga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kelompok Wanita Tani (KWT) Arse Nauli berperan sebagi wadah untuk meningkatkan pendapatan keluarga melalui kegiatan Meningkatkan Sumber Daya, Menyediakan Kesempatan, Meningkatkan Pengetahuan, serta Meningkatkan Keterampilan masyarakat. Dari kegiatan-kegiatan yang diadakan anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Arse Nauli dan masyarakat mampu meningkatkan pendapatan keluarga dan menekan biaya pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 04 Jan 2022 08:19
Last Modified: 04 Jan 2022 08:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12789

Actions (login required)

View Item View Item