Optimalisasi Penerapan Sistem Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) Dalam Menunjang Transaksi Daring. Studi Kasus BRI Syariah KCP Stabat

Azzahra, Fatimah (2021) Optimalisasi Penerapan Sistem Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) Dalam Menunjang Transaksi Daring. Studi Kasus BRI Syariah KCP Stabat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Fatimah Azzahra 0503173228.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) adalah suatu sistem yang mengintegrasikan berbagai kanal pembayaran transaksi elektronik atau non tunai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Penerapan Sistem Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dalam menunjang transaksi daring tersebut sudah berjalan secara optimal atau belum, jika dipandang dari kepuasan para nasabah yang menggunakan aplikasi yang ada di BRI Syariah KCP Stabat. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Mekanisme Penerapan Sistem Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di BRI Syariah KCP Stabat Khususnya Pada Penggunaan Aplikasi Untuk Menunjang Transaksi Daring sudah optimal dan telah sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan. 2) Faktor pendukung BRI Syariah dalam mengoptimalkan Penerapan Sistem Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dalam Menunjang Transaki Daring yaitu peraturan dan dukungan dari pihak pemerintah serta kepuasan yang dirasakan oleh nasabah dan faktor penghambatnya yaitu dimana sistem GPN yang hanya bisa diberlakukan secara domestik sehingga mengurangi minat masyarakat untuk melakukan pergantian kartu, penggunaan aplikasi, serta kurangnya sosialisasi sehingga pengetahuan masyarakat juga masih terbatas. 3) Penerapan Sistem Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) Dalam Menunjang Transaksi Daring yang dilakukan oleh BRI Syariah KCP Stabat sudah berjalan secara optimal. Namun pada pelaksaannya dinilai belum terealisasi secara optimal, dikarenakan masih ada keluhan- keluhan yang di rasakan oleh nasabah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sistem Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), Transasksi Daring.
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:33
Last Modified: 04 Jan 2022 04:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12779

Actions (login required)

View Item View Item