Transparansi Pemerintah Desa Dalan pengelolaan Dana Desa ditinjau dari Fiqh Siyasah(Studi kasus Desa Asir-Asir Kecamatan Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah)

Riadhi, Fahran (2021) Transparansi Pemerintah Desa Dalan pengelolaan Dana Desa ditinjau dari Fiqh Siyasah(Studi kasus Desa Asir-Asir Kecamatan Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
fahran skripsi final.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai tugas pemerintahan Desa dalam menjalankan transparansi dalam pengelolaan dana desa, yang dimana menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa yang dimana mewajibkan pemerintahan desa melakukan transparansi kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemerintahan desa telah melakukan tranparansi dalam pengelolaan dana desa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah hukum non doktrinal dengan pendekatan empiris, mengunakan dua sumber data yaitu data primer dan data skunder. Data primer di dapatkan dari wawancara langsung kepada Tokoh-tokoh pemeritahan di Desa Asir-Asir. Data sekunder adalah data yang di dapatkan dari beberapa literatur seperti buku, jurnal, yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 menjelaskan bahwa kepala Desa berkewajiban melaksanakan prinsip tata pemerintah Desa yang akuntabel, transparan, profesional, efektif dan efesien, bersih, serta bebas dari kolusi, korupsi, dan nepotisme. Dan dapat ditarik kesimpulan bahwa pemerintahan Desa Asir-Asir kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah sudah memberlakukan prinsip tata pemerintahan yang transparansi pengelolaan dana desa dan sudah ditinjau dari fiqh Siyasah untuk membentuk suatu hukum yang diberlakukan di masyarakat sesuai dengan prinsip Siyasah Maliyah. Oleh sebab itu, pemerintahan Desa harus menjalankan peraturan yang sudah diterapkan, supaya tidak terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Menurut hasil penelitian dalam pengelolaan Dana Desa, yang terdiridari : perencanaan, pelaksanaan, pengalokasian, pelaporan, dan pertanggungjawaban dalam program kegiatan suatu bidang pembangunan sudah berjalan sesuai.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.7 Hukum Internasional > 2X4.71 Hukum ketatanegaraan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:21
Last Modified: 04 Jan 2022 04:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12775

Actions (login required)

View Item View Item