Kontribusi Arisan Online Dalam Memenuhi Gaya Hidup Mahasiswa Menurut Sudut Pandang Ekonomi Islam(Studi Kasus Pada Kelompok Arisan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam NegriSumatera Utara

Alamsyah, Adam (2021) Kontribusi Arisan Online Dalam Memenuhi Gaya Hidup Mahasiswa Menurut Sudut Pandang Ekonomi Islam(Studi Kasus Pada Kelompok Arisan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam NegriSumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
adam bismillah revisi 9 new_6_2 (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Majunya perkembangan kehidupan di Indonesia memengaruhi gaya hidup (life style) seseorang khususnya para mahasiswa. Dimana mahasiswa dalam menuntut pendidikan pada perguruan tinggi memiliki banyak kebutuhan hidup untuk memenuhi masa perkuliahan dan gaya hidupnya sehari-hari. Arisan onlie merupakan salah satu alternatif dalam menabung para mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidupmya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gaya hidup para anggota arisan online, mengetahui sejauh mana kontribusi arisan online dalam memenuhi gaya hidup mahasiswa, dan mengetahui tinjauan ekonomi islam terhadap kegiatan arisan online di fakultas Ekonomi dan bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu data premier dan data sekunder. Data primer didapat melalui wawancara langsung terhadap pihak pemilik arisan dan (9) anggota dari arisan online tersebut. Sedangkan data sekunder didapati dengan mengutip sumber dari Al Qur’an, beberapa buku fiqh muamalat, jurnal dan website. Teknik analisis data yang di gunakan dalam penelitian yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gaya hidup mahasiswa yang mengukuti salah satu arisan online tergolong hedonis walaupun tidak semuanya menerapkan gaya hidup tersebut, kontribusi arisan online pada kelompok arisan yaitu terdapat banyak manfaat yang diperoleh anggota salah satunya dapat menabung secara konsisten dan tinjauan ekonomi islam terhadap sistem arisan online ini tidak di perbolehkan karena mengandung unsur riba di dalamya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi, Arisan Online, Gaya Hidup, Ekonomi Islam
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:15
Last Modified: 04 Jan 2022 04:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12773

Actions (login required)

View Item View Item