Analisis Komparatif Kinerja Bank Syariah Berdasarkan Metode RGEC Dan Islamicity Performance Index Periode 2016 – 2020 (Studi Kasus PT. Bank BRI Syariah Dan PT. Bank BNI Syariah)

Azhari, Athia Faqiha Salsabila (2021) Analisis Komparatif Kinerja Bank Syariah Berdasarkan Metode RGEC Dan Islamicity Performance Index Periode 2016 – 2020 (Studi Kasus PT. Bank BRI Syariah Dan PT. Bank BNI Syariah). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ATHIA.FSA FINISH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penilaian kinerja bank syariah ialah penilaian yang digunakan untuk melaksanakan evaluasi tingkatan keberhasilan suatu bank syariah pada periode tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kinerja PT. Bank BRI Syariah dan PT. Bank BNI Syariah periode 2016-2020 dengan menggunakan metode RGEC dan Islamicity Performance Index. Penelitian ini menerapkan metode pendekatan kualitatif. Penggunaan data kualitatif yang bersumber pada data sekunder yaitu laporan keuangan dan laporan pelaksanaan GCG pada PT. Bank BRI Syariah dan PT. Bank BNI Syariah tahun 2016-2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan berdasarkan metode RGEC dan Islamicity Performance Index kinerja PT. Bank BNI Syariah lebih baik dibandingkan dengan PT. Bank BRI Syariah. Pada metode RGEC dimana BNI Syariah mendapatkan predikat sangat baik pada rasio CAR, predikat baik pada rasio NPF, FDR, GCG dan ROA, predikat cukup baik pada rasio ROE. Sedangkan BRI Syariah mendapatkan predikat sangat baik pada rasio CAR, predikat baik pada rasio FDR dan GCG, predikat cukup baik pada rasio ROA dan predikat kurang baik pada rasio ROE. Pada metode Islamicity Performance Index PSR lebih unggul BRI Syariah, ZPR, EDR dan Islamic Income vs Non Islamic Income lebih unggul BNI Syariah. Dan Islamic Investment vs Non Islamic Investment sama-sama memiliki nilai yang sangat baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:02
Last Modified: 04 Jan 2022 04:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12769

Actions (login required)

View Item View Item