Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Di MTs Swasta Al-Hasanah Tanjung Leidong

Rahmah, Siti and Daulay, Nurika Khalila and Chaniago, Nasrul Syakur (2021) Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Di MTs Swasta Al-Hasanah Tanjung Leidong. Jurnal Fadillah: Manajemen Pendidikan Islam & Umum, 1 (4). ISSN 2775-2380

[img]
Preview
Text
FADILLAH 4 (Siti Rahmah).pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru di MTS Swasta AlHasanah Tanjung Leidong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan mengunakan pendekatan deskriptif. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumen. Informan dari penelitian ini yaitu, kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum dan guru bidang studi. kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam keabsahan data peneliti mengunakan kredibilitas, keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Hasil penelitian ini mengungkapkan empat temuan yaitu (1) Kompetensi pedagogik guru dalam memberikan pengajaran di sekolah rata-rata guru mampu menguasai kompetensi itu apalagi guru yang masih muda sehingga mereka bukan hanya menggunakan metode ceramah tetapi juga melakukan pendekatan dan diskusi kepada siswanya. (2) Program yang di rencanakan kepala madrasah adalah a.program terencana. b.pelaksanaan supervisi dilakukan secara berkesinambungan dan c.pelaksanaan program supervisi mendadak. (3) Adapun pendekatan supervisi yang digunakan ialah: a. Pendekatan langsung (Directif Approach) b. Pendekatan tidak langsung (Non directif Approach) c. Pendekatan kolaborasi (Colaborative Approach). (4). Faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru di MTs Swasta Al-Hasanah Tanjung Leidong adalah guru memberi keluasan bagi kepala madrasah dalam memantau kedalam ruangan dalam rangka melakukan supervise dan kerja sama yang terjalin baik, dan faktor penghambatnya ialah keterbatasan waktu yang tidak full seperti sebelum pandemi yang menyebabkan kepala madrasah harus perpacu dengan waktu dalam melaksanakan supervisi hal itu menyebabkan kurang optimalnya kepala madrasah dalam mesupervisi.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 03 Jan 2022 05:05
Last Modified: 03 Jan 2022 05:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12748

Actions (login required)

View Item View Item