Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru Di SMP Negeri 22 Medan

Siregar, Indah Melia Putri and Fauza, Hendri and Syukri, Makmur (2021) Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru Di SMP Negeri 22 Medan. Jurnal Fadillah: Manajemen Pendidikan Islam & Umum, 1 (4). ISSN 2775-2380

[img]
Preview
Text
FADILLAH 4 (Indah Melia Putri Siregar).pdf

Download (387kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ataupun untuk mengetahui gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SMP Negeri 22 Medan beserta kinerja guru disekolah tersebut. Penelitian ini juga bertujuan untuk mencari tau adanya hubungan antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan metode survey ke lapangan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 guru di SMP Negri 22 Medan. Dan sampel diambil dari keseluruhan populasi dan teknik pengambilan data menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan analisis korelasi Product Moment dari Pearson, yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada suatu hubungan antara dua variable, yaitu variable terikat dan variable bebas. Hasil daripada penelitian ini mengungkapkan bahwa : (1) setelah dilakukan uji kecenderungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah (X) tergolong baik dengan nilai sebesar 33%. (2) Hasil uji kecenderungan untuk Kinerja Guru (Y) sebesar 36%. (3) terdapat hubungan yang positif antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru di SMP Negeri 22 Medan, dengan membandingkan nilai rhitung = 0,620 lebih besar dari nilai rtabel = 0,361 dengan N=30 pada taraf signifikasi 5% atau α=0,05. Maka dari hasil pengujian hipotesis dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru di SMP Negeri 22 Medan dengan artian Ha diterima dan Ho ditolak.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:45
Last Modified: 03 Jan 2022 04:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12743

Actions (login required)

View Item View Item