Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah SMA Swasta Al-Ulum Medan

Lerizal, Deni and Nasution, Inom and Rifai, Muhammad (2021) Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah SMA Swasta Al-Ulum Medan. Jurnal Fadillah: Manajemen Pendidikan Islam & Umum, 1 (4). ISSN 2775-2380

[img]
Preview
Text
FADILLAH 4 (Deni Lerizal).pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

Dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di SMA Swasta Islam Al-Ulum Medan. Pendekatan ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini diperoleh dengan teknik triangulasi melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Adapun tujuan penelitian ini ingin mengungkapkan : (1) Bagaimana Proses implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah Sma Swasta Al-Ulum Medan, (2) Bagaimana efektivitas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah Sma Swasta Al-Ulum Medan, (3) Apa sajakah Faktor pendukung dan penghambat dalam Proses implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah SMA Swasta Al-UlumMedan, Temuan penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu: (1) Proses implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa adalah seorang guru harus mengecek kehadiran siswa, mengumpulkan hasil pekerjaan siswa, pendistribusian bahan dan alat, mengumpulkan informasi dari siswa, mencatat data, pemeliharaan arsip (2) Efektifitas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa adalah seorang guru harus memberi tujuan pengajaran yang jelas kepada murid dan juga memberi pengaturan waktu, pengaturan ruangan (fasilitas), dan juga memberi pengelompokkan peserta didik dalam belajar . (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam proses implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa adalah kalau pendukung nya itu guru sudah mendapatkan informasi dan dukungan pertama kali buku-buku yang berkenaan dengan pendidikan kalau penghambatnya yaitu kurangnya biaya atau dana BOS untuk melengkapi alatalat peserta didik, sehingga alat-alat peserta didik seperti kursi dan meja mereka sangat terbatas.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:36
Last Modified: 03 Jan 2022 04:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12741

Actions (login required)

View Item View Item