Strategi Managerial Kepala Sekolah Dalam Membangun Budaya Pelayanan Prima Di SMP IT Al-Hijrah Deli Serdang Sumatera Utara

Kesuma, Bela Puja and Chaniago, Nasrul Syakur and Rifa'i, Muhammad (2021) Strategi Managerial Kepala Sekolah Dalam Membangun Budaya Pelayanan Prima Di SMP IT Al-Hijrah Deli Serdang Sumatera Utara. Jurnal Islami: Manajemen Pendidikan Islam & Humaniora, 1 (2). ISSN 2775-2380

[img]
Preview
Text
ISLAMI 2 (Bela Puja Kesuma).pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen strategik managerial kepala sekolah dalam membangun budaya pelayanan prima di SMPIT Al-Hijrah Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi sedangkan keabsahan data melalui uji kredibilitas, transferabilitas, dependibilitas dan confirmability. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya pelayanan prima adalah: Menyiapkan SDM, Menyusun program, Memonitoring dan Mengevaluasi. Adapun keterlibatan guru dan pegawai dalam pengembangan budaya pelayanan prima mereka ikut serta dalam menjalankan stragi-strategi yang diberikan kepala sekolah sesuai arahan kepala sekolah. Adapun faktor pendukung dalam membangun budaya pelayanan prima diantaranya: kemampuan pegawai dalam memahami aturan dan tugas-tugasnya, pegawai yang mau ikut serta saling kerja sama dalam membangun budaya pelayanan prima, kepegawaian kepala sekolah, guru dan pegawai dalam melaksanakan tugas masing-masing. Sedangkan faktor penghambatnya ialah: informasi-informasi penting yang belum tersampaikan tentang al-hijrah kepada orang tua, terletak di beberapa pegawai yang tidak taat dan tidak patuh terhadap arahan atasan dan faktor penghambat terbesar adalah dana dan Kurang memadanya sarana prasarana di sekolah SMPIT Al-Hijrah Medan. Kesimpulan dalam penelitian ini kepala sekolah harus lebih teliti dalam mengawasi guru dan pegawai sekolah agar rencana-rencana yang sudah di bangun bersama dari awal terwujudkan sesuai yang di rencanakan. Dalam hal ini tidak luput dari faktor-faktor penghambat dalam pelayanan prima dan sini tugas kepala sekolah berusaha semaksimal mungkin untuk meminimalisir faktor penghambat tersebut. Dimana guru juga tidak luput untuk ikut serta membantu kepala sekolah dalam segala hal.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 28 Dec 2021 11:28
Last Modified: 28 Dec 2021 11:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12697

Actions (login required)

View Item View Item