Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di SMP Nur Ihsan Medan Tembung

Sirait, Andi Saputra and Rustam, Rustam and Neliwati, Neliwati (2021) Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di SMP Nur Ihsan Medan Tembung. Jurnal Fadillah: Manajemen Pendidikan Islam & Umum, 1 (2). ISSN 2775-2380

[img]
Preview
Text
FADILLAH 2 (Andi Saputra Sirait).pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen sarana dan prasarana pendidikan di SMP Nur Ihsan Medan Tembung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif fenomenologi. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses perencanaan sarana dan prasarana pendidikan, proses pengadaan sarana dan prasarana pendidikan, dan proses pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan di SMP Nur Ihsan Medan Tembung. Temuan penelitian ini adalah: 1) Dalam perencanaan terlebih dahulu melakukan analisis kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan yang diperlukan dalam proses pembelajaran, menyusun daftar kebutuhan, membuat estimasi biaya, dan menyusun rencana pengadaan sarana seperti pembelian, penerimaan hibah, penyewaan, dan rekondisi/rehabilitasi. Menyusun skala prioritas berdasarkan dana yang tersedia dan urgensi kebutuhan. Perencanaan dilakukan persemester dengan melibatkan kepala sekolah, waka sarana dan prasarana, bendahara sekolah, Tata usaha, guru, komite sekolah dan yayasan. 2) Kegiatan perencanaan sarana dan prasarana pendidikan di SMP Nur Ihsan dilakukan sebagai berikut: Pengadaan sarana dan prasarana dengan cara pembelian sendiri. Pengadaan sarana dan prasarana dengan cara produksi sendiri. Pengadaan sarana dan prasarana dengan cara penerimaan hibah. Pengadaan sarana dan prasarana dengan cara menyewa. Pengadaan sarana dan prasarana dengan cara perbaikan atau rehabilitasi. 3) Dalam kegiatan pemeliharaan, terdapat tiga macam pemeliharaan yang dilakukan di SMP Nur Ihsan Medan, yaitu: pemeliharaan rutin/berkala, pemeliharaan darurat, dan pemeliharaan preventif. Pemeliharaan dilakukan setiap hari secara terus menerus dengan cara merawat, membersihkan, dan memperbaiki seluruh sarana dan prasarana sekolah. Ada petugas ksuhus seperti tukang yang bertugas memperbaiki prabot sekolah yang rusak, dan petugas kebersihan yang bertugas membersihkan lingkungan sekolah.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 28 Dec 2021 05:52
Last Modified: 28 Dec 2021 05:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12679

Actions (login required)

View Item View Item