Analisis E-commerce Sebagai Ekonomi Digital Dalam Mendorong Pertumbuhan Perekonomian Kota Medan Di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada UMKM Di Kota Medan)

Insani, Fadhillah (2021) Analisis E-commerce Sebagai Ekonomi Digital Dalam Mendorong Pertumbuhan Perekonomian Kota Medan Di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada UMKM Di Kota Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full Fadhillah Insani.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Merebaknya pandemi covid-19 di seluruh dunia yang disebabkan oleh virus Covid-19 ini merupakan jenis virus baru yang ditemukan pada Desember tahun 2019. Sehingga pada 11 Maret 2020 Organisasi Kesehatan Indonesia (WHO) menetapkan virus corona sebagai pandemic karena penyebarannya yang sangat cepat. Di Indonesia sendiri kasus virus corona yang pertama kali teridentifikasi pada 2 Maret 2020. Selanjutnya, penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Skala Besar) yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020 dan ditandatangani oleh Presiden RI, Joko Widodo tentang Pedoman Pembatasan Sosial Skala Besar dalam rangka percepatan penanganan corona virus disease 2019 (covid-19), mengakibatkan terbatasnya ruang gerak masyarakat dan dampaknya membuat roda perekonomian tidak berjalan dengan lancar seperti contohnya para pelaku UMKM yang kehilangan omset penjualannya. Meskipun, pandemi membatasi aktivitas fisik, namun di lain sisi kegiatan belanja online terus meningkat. Hal ini membuat para pelaku UMKM beralih pada e-commerce untuk melakukan pemasaran usahanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dampak penerapan e-commerce pada UMKM Kota Medan serta bagaimana ecommerce sebaga ekonomi digital dapat mendorong pertumbuhan perekonomian di tengah pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 10 orang. Hasil sebesar 100%. Informan mengakui dengan menggunakan e-commerce mereka lebih mudah melakukan pemasaran produk dan jangkauan usahanya menjadi lebih luas dan 100% informan mengakui jika penjualan mereka mengalami peningkatan semenjak menerapkan e-commerce. Ini artinya, ecommerce memberikan dampak yang positif terhadap kesejahteraan UMKM kota Medan di tengah pandemi covid-19.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 20 Dec 2021 04:20
Last Modified: 20 Dec 2021 04:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12648

Actions (login required)

View Item View Item