Penerapan Job Safety Analysis Sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja Di Bagian Produksi Pabrik Pupuk Hakiki Organik Farm Tanjung Morawa

Wahyuni, Rizqa Sarah (2021) Penerapan Job Safety Analysis Sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja Di Bagian Produksi Pabrik Pupuk Hakiki Organik Farm Tanjung Morawa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Rizqa Sarah Wahyuni.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kecelakaan kerja pada umumnya terjadi karena dua faktor, yaitu kondisi tidak aman dan lingkungan tidak aman yang menyebabkan terjadinya kegagalan dalam melakukan pekerjaan sehingga menimbulkan potensi terjadinya kecelakaan kerja di lingkungan kerja. Seperti yang ditemui pada pekerja di PT. Hakiki Organi Farm Tanjung Morawa. Rendahnya motivasi pekerja dan juga ketersediaan nya APD di lingkungan kerja yang minim menjadi pendorong sebagai penyebab terjadinya kecelakaan kerja. Oleh karena itu, dilakukannya JSA (Job safety analysis) sebagai upaya pencegahan kecelakaan kerja di PT. Hakiki Organik Farm Tanjung Morawa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan dilakukan pada bulan Agustus sampai dengan Desember 2020 dengan metode pengambilan data menggunakan wawancara mendalam (Indepth Interview), Observasi lapangan, dan kemudian melakukan Cross-check terhadap hasil wawancara dengan informan sebagai bukti serta menggunakan Triangulasi data dan Metode sebagai bentuk validasi data. Penerapan JSA (Job Safety Analysis) di PT. Hakiki Organik Farm Tanjung Morawa bertujuan untuk menganalisis potensi terjadinya kecelakaan kerja pada setiap bagian produksi pupuk, mengidentifikasi pokok permasalahan yang menyebabkan kecelakaan kerja, dan melakukan analisis pengendalian resiko pada lingkungan kerja. Penerapan JSA (Job Safety Analysis) menjadi alternatif dalam pencegahan kecelakaan kerja di lingkungan kerja, serta dengan melakukan JSA, permasalahan yang menjadi sumber kecelakaan dapat dilakukan penanggulangan dan penanganan dengan tepat sehingga menurunkan angka kecelakaan kerja pada lingkungan perusahaan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 17 Dec 2021 07:58
Last Modified: 17 Dec 2021 07:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12642

Actions (login required)

View Item View Item