Analisis Pengelolaan Dana Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) Dalam Meningkatkan Ekonomi Dhuafa (Studi Kasus Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa Cabang Medan)

Sihombing, Anisa (2021) Analisis Pengelolaan Dana Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) Dalam Meningkatkan Ekonomi Dhuafa (Studi Kasus Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa Cabang Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full ANISA SIHOMBING FIXXX.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui strategi LAZ Dompet Dhuafa dalam penghimpunan dan pendisribusian dana ZIS dalam meningkatkan ekonomi dhuafa. Metodologi yang digunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara mendalam dengan pimpinan cabang Dompet Dhuafa, supervisor keuangan dan operasional, supervisor fundraising dan marketing communication, staf program ekonomi dan sosial, maupun dhuafa.Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasi penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Dompet Dhuafa dalam penghimpunan dan pendisribusian dana ZIS dalam meningkatkan ekonomi dhuafa ialah menciptakan program yang dapat meningkatkan ekonomi dan membantu masyarakat keluar dari garis kemiskinan. Menciptakan program dengan beberapa hal yang harus diperhatikan seperti assessment, planning, action, monitoring dan evaluasi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 17 Dec 2021 07:38
Last Modified: 17 Dec 2021 07:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12640

Actions (login required)

View Item View Item