Pengaruh Dividend PerShare dan Earning Per Share terhadap Harga Saham pada Perusahaan Jasa Subsektor Perdagangan Eceran yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2019

Adella, Fanny (2021) Pengaruh Dividend PerShare dan Earning Per Share terhadap Harga Saham pada Perusahaan Jasa Subsektor Perdagangan Eceran yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Fanny Adella (0502173458).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu instrumen pasar modal yang mendorong para investor untuk berinvestasi adalah saham. Salah satu faktor yang mempengaruhi harga saham adalah kemampuan perusahaan membayar dividen dan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan bersih dalam setiap lembar saham. Tingginya Dividend per Share diyakini akan dapat meningkatkan harga saham perusahaan, sebaliknya jika Dividend per Share mengalami penurunan maka harga saham akan menurun. Adapun hubungan Earning per Share dengan harga saham yaitu, apabila Earning per Share meningkat maka harga saham juga ikut meningkat, apabila Earning per Share turun maka harga saham akan menurun. Namun pada perusahaan jasa subsektor perdagangan eceran yang terdaftar di bursa efek Indonesia terdapat data yang tidak sesuai dengan teori. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Dividend per Share dan Earning per Share terhadap harga saham. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan yang diakses melalui www.idx.co.id. Populasi penelitian berjumlah 25 perusahaan jasa subsektor perdagangan eceran dan sampel penelitian sebanyak 6 perusahaan yang diperoleh menggunakan metode purposive sampling dan data yang digunakan yaitu data laporan keuangan selama 6 tahun dari tahun 2014-2019. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan estimasi Fixed Effect Model yang diuji menggunakan Eviews versi 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Dividend per Share tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham dengan nilai thitung < ttabel (1,2072 < 2,0345), hal ini berarti bahwa perusahaan dengan menurunnya jumlah dividen yang dibayar ke pemegang saham biasa dan menurunnya jumlah saham yang beredar mengakibatkan menurunnya harga saham. Kedua, Earning per Share berpengaruh signifikan terhadap harga saham dengan nilai thitung > ttabel (2,2363 > 2,0345), hal ini berarti bahwa perusahan dengan Earning per Share yang semakin besar maka harga saham akan semakin besar. Ketiga, berdasarkan hasil uji simultan Dividend per Share dan Earning per Share berpengaruh terhadap harga saham dengan nilai fhitung > ftabel (16,8585 > 3,2849), sehingga secara bersama-sama tinggi atau rendahnya variabel independen dapat mempengaruhi tinggi atau rendahnya harga saham.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harga Saham, Dividend Per Share, Earning Per Share
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 17 Dec 2021 07:11
Last Modified: 17 Dec 2021 07:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12635

Actions (login required)

View Item View Item