Pengaruh Pembiayaan Natural Uncertainty Contracts (NUC) Dan Natural Certainty Contracts (NCC) Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah Periode 2015-2019

Dini, Listia (2021) Pengaruh Pembiayaan Natural Uncertainty Contracts (NUC) Dan Natural Certainty Contracts (NCC) Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah Periode 2015-2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LISTIA DINI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Fungsi utama dari bank syariah adalah menghimpun dana dan menyalurkan kembali kepada masyarakat. Penyaluran dana yang dilakukan oleh bank syariah adalah pemberian pembiayaan terhadap debitur yang membutuhkan. Dalam perbankan syariah terdapat dua jenis kontrak pembiayaan adalah Natural Uncertainty Contracts (NUC) dan Natural Certainty Contract (NCC). Dimana pembiayaan bagi hasil yang termasuk dalam pembiayaan Natural Uncertainty Contracts (NUC) masih rendah sehingga berpengaruh terhadap tingkat profitabilitas pada Bank Umum Syariah. Sedangkan pembiayaan Natural Certainty Contracts (NCC) yang mengandung risiko kemacetan pelunasan yang akan berdampak pada tingkat profitablitas pada Bank Umum Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh NUC dan NCC terhadap profitabilitas menggunakan ROA. Penelitian ini menggunakan mentode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syariah yang ada di Indonesia. Sampel penelitian yaitu 60 laporan triwulan Bank Umum Syariah, sebanyak 3 Bank Umum Syariah dengan periode pengamatan dilakukan sebanyak 20 laporan keuangan triwulan selama 5 (lima) tahun, periode 2015-2019. Analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial NUC berpengaruh negative dan signifikan terhadap profitabilitas (ROA), sedangkan NCC berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas (ROA). Secara simultan NUC dan NCC berpengaruh terhadap profitabilitas (ROA).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Natural Uncertainty Contracts (NUC), Pembiayaan Natural Certainty Contracts (NCC) dan Profitabilitas (ROA).
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 17 Dec 2021 04:49
Last Modified: 17 Dec 2021 04:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12634

Actions (login required)

View Item View Item