Layanan Bimbingan Keagamaan Bagi Calon Pasangan Menikah Usia Muda Dalam Mewujudkan Keluarga Harmonis di Kantor Urusan Agama Kec. Medan Baru

Fadhila, Nida (2021) Layanan Bimbingan Keagamaan Bagi Calon Pasangan Menikah Usia Muda Dalam Mewujudkan Keluarga Harmonis di Kantor Urusan Agama Kec. Medan Baru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NIDA FADHILA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bimbingan keagamaan adalah salah satu proses interaksi yang didalamnya terdapat sebuah interaksi timbal balik antara seorang pembimbing maupun yang dibimbing. Adanya sebuah pembicaraan masalah dan mendapat solusi. Bimbingan Keagamaan sendiri adalah sebuah upaya dalam mempelajari dan melaksanakan perintah Allah sesuai dengan fitrahnya sebagai manusia. tujuan dari bimbingan keagamaan ini agar manusia berfungsi dan berkembang secara baik sesuai dengan apa yang sudah diperintahkan oleh Allah dan Rasulnya yang ada di dalam Al-Quran maupun Hadist. Peran pembimbing adalah mendengarkan dan memberikan solusi kepada orang yang dibimbing sesuai Al-Quran dan Hadist. Pernikahan pada usia muda adalah pernikahan yang dilakukan di umur yang masih dikatakan di awal untuk melakukan pernikahan. Negara Indonesia sendiri memperbolehkan menikah di usia 19 Tahun. Sedangkan idealnya untuk pria di umur 25 Tahun sedangkan wanita di umur 21 Tahun. Di usia muda ini adalah waktu dimana mencari jati diri, belajar sebanyak- banyaknya, mencari teman dan koneksi, atau bahkan bekerja untuk kepuasannya sendiri. Tetapi pada masa sekarang banyaknya remaja fase akhir memutuskan untuk menikah, maka ini lah yang membuat penulis tertarik dalam meneliti layanan bimbingan keagamaan yang diberikan pembimbing di kantor urusan agama, dalam membimbimbing calon pasangan menikah di usia muda. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diperoleh langsung dari Kantor Urusan Agama Kecamatan Medan Baru.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam > 2X7.22 Masyarakat Da’wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 17 Dec 2021 04:38
Last Modified: 17 Dec 2021 04:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12633

Actions (login required)

View Item View Item