Analisis Penerapan Harga Pokok Produksi Dengan Menggunakan Metode Job Order Costing (Studi Kasus Pada Galeri Ulos Sianipar Dan UKM Bersama)

Ritonga, Fitri Maharani (2021) Analisis Penerapan Harga Pokok Produksi Dengan Menggunakan Metode Job Order Costing (Studi Kasus Pada Galeri Ulos Sianipar Dan UKM Bersama). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
BISMILLAH SKRIPSI FITRI MAHARANI RITONGA 99.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Metode job order costing yaitu mengumpulkan harga pokok produk dimana biaya dikumpulkan sesuai jenis biaya masing-masing dan harga pokok persatuan dihitung dengan cara membagi total biaya produksi untuk pesanan tersehut dengan jumlah satuan produk dalam pesanan yang bersangkutan. Pada penelitian ini mempunyai dua tujuan yaitu bagaimana perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan Metode Job Order Costing yang diterapkan perusahaan dan apakah Metode harga pokok produksi yang diterapkan perusahaan sudah sesuai dengan metode Job Order Costing. Adapun objek penelitian ini yaitu pada Usaha Galeri Ulos Sianipar Dan UKM Bersama yang berada di Jalan AR. Hakim Gang Pendidikan Nomor 130 kota Medan. Metode yang digunakan pada penelitian adalah metode kualitatif dengan menggambarkan dan mengungkapkan tentang fakta serta keadaan dilapangan secara jelas. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa perusahaan sudah menerapkan metode Job Order Costing dalam penentuan harga pokok produksinya namun, metode tersebut belum diterapkan secara maksimal hal tersebut dikarenakan masih ada biaya biaya yang belum dialokasikan sesuai jenis biayanya yaitu pada biaya bahan pembungkus ulos yang dimasukkan kedalam biaya bahan baku langsung seharusnya biaya tersebut termasuk biaya overhead pabrik yaitu pada biaya bahan penolong serta perusahaan masih menggabungkan seluruh biaya overhead pabrik tanpa ada perincian biaya satu persatu secara jelas. Kemudian hasil perhitungan harga pokok produksi yang terapkan perusahaan berbeda dengan hasil perhitungan harga pokok produksi metode Job Order Costing. Adapun hasil perhitungan harga pokok produksi Job Order Costing sebesar Rp. 13.595.000 dengan harga per piece ulos sebesar Rp. 226.583 sedangkan jumlah perhitungan harga pokok produksi pada perusahaan sebebesar Rp. 10.815 dengan harga per piece ulos sebesar Rp. 180.250 maka selisih perhitungan antara keduanya adalah sebesar Rp. 2.780.000. Hal ini menunjukkan bahwa hasil perhitungan Job Order Costing lebih besar dari pada harga pokok produksi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harga pokok Produksi, Job Order Costing,Biaya Produksi.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 17 Dec 2021 04:15
Last Modified: 17 Dec 2021 04:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12629

Actions (login required)

View Item View Item