Pengaruh Laju Pertumbuhan Sektor Industri, Investasi Dan Upah Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Industri Di Kabupaten Asahan

Siregar, Denny Permana (2021) Pengaruh Laju Pertumbuhan Sektor Industri, Investasi Dan Upah Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Industri Di Kabupaten Asahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Denny Permana Siregar (Fix).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh laju pertumbuhan sektor industri, investasi dan upah terhadap penyerapan tenaga kerja sektor industri di Kabupaten Asahan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website resmi Badan Pusat Statistik Kabupaten Asahan dan Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia. Analisis yang digunakan bersifat kuantitatif deskriptif dengan model analisis regresi linier berganda. Variabel terikat yang digunakan adalah penyerapan tenaga kerja sektor industri. Sedangkan variabel bebas yang digunakan adalah laju pertumbuhan sektor industri, investasi dan upah. Dalam penelitian ini digunakan software Eviews 10 sebagai alat estimasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laju pertumbuhan sektor industri berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja sektor industri, variabel investasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja sektor industri dan variabel upah berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja sektor industri. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa koefisien determinasi sebesar 0.982244 yang artinya penyerapan tenaga kerja sektor industri di Kabupaten Asahan dapat dijelaskan oleh faktor variabel laju pertumbuhan sektor industri, investasi dan upah sebesar 98,22%. Sedangkan sisanya 1,78% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 16 Dec 2021 09:05
Last Modified: 16 Dec 2021 09:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12626

Actions (login required)

View Item View Item