Strategi Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Aceh Tengah Dalam Pengelolaan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

Antiwi, Rindi (2021) Strategi Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Aceh Tengah Dalam Pengelolaan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_RINDI ANTIWI_FIS_ILMU PERPUSTAKAAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perpustakaan berbasis inklusi sosial berperan sebagai ruang belajar bagi seluruh lapisan masyarakat dengan memperhatikan kelompok-kelompok masyarakat yang rentan tereksklusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Tengah dalam pengelolaan perpustakaan berbasis inklusi sosial terkait penyediaan koleksi, penyediaan sarana dan prasarana, layanan dan strategi promosi perpustakaan. Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Temuan dalam penelitian ini adalah dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten aceh tengah belum memenuhi strategi pengelolaan perpustakaan yang mencakup seluruh masyarakat umum. Yang paling kontras adalah strategi pengelolaan kepada masyarakat yang rentan tereksklusi seperti masyarakat penyandang disabilitas dan masyarakat lanjut usia. Belum disediakan koleksi khusus untuk penyandang disabilitas. Sarana-prasarana belum mendukung aktifitas penyandang disabilitas dan orang lanjut usia untuk memanfaatkan layanan perpustakaan. Belum ada layanan khusus bagi penyandang disabilitas maupun orang tua. Kemudian promosi perpustakaan belum melibatkan masyarakat minoritas seperti penyandang disabilitas dan lansia.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Perpustakaan > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 16 Dec 2021 07:32
Last Modified: 16 Dec 2021 07:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12624

Actions (login required)

View Item View Item