Pandangan Ulama Kabupaten Mandailing Natal Terhadap Fitnah, Percobaan Pembunuhan dan Penganiyaan Berat Sebagai Penghalang Waris dalam KHI

Nasution, Faiz Ahmad Fauzi (2021) Pandangan Ulama Kabupaten Mandailing Natal Terhadap Fitnah, Percobaan Pembunuhan dan Penganiyaan Berat Sebagai Penghalang Waris dalam KHI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Faiz Ahmad Fauzi Nasution.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang membahas tentang sebab penghalang waris bagi ahli waris, yakni fitnah, percobaan pembunuhan dan penganiayaan berat yang dimuat dalam KHI, terdapat perbedaan pada penghalang waris menurut mazhab Syafi’I dan pandangan ulama Kab. Mandiling Natal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana ketentuan penghalang waris pada fikih mawaris mazhab Syafi’i, dan bagaimana ketentuan penghalang waris pada Kompilasi Hukum Islam, serta bagaimana argumentasi ulama Kab. Mandiling Natal terkait fitnah, percobaan pembunuhan dan penganiyaan berat sebagai akibat dari penghalang kewarisan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan/ empiris, adapun langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dimulai dari pengumpulan data, baik yang primer maupun yang sekunder. Data- data tersebut akan akan ditelusuri dalam literatur yang dipandang relevan. Setelah peneliti meneliti dan menganalisa, peneliti mengambil kesimpulan bahwa: pendapat Ulama Kab. Mandiling Natal terkait penghalang kewarisan yang di atur di dalam KHI, terjadi perbedaan pandangan ulama di Kab. Mandailing Natal, ada yang berpendapat bahwa penghalang kewarisan pada KHI telah sesuai dengan konteks ke Indonesiaan dengan perkemashlahatan dan kehati-hatian, ulama yang pro tentang penghalang kewarisan pada KHI umumnya ulama/tokoh agama yang masih berusia muda dengan latar belakang pendidikan sarjana dan majister. Adapun ulama yang kontra dengan penghalang kewarisan pada KHI, dengan argumentasi bahwa penghalang kewarisan pada KHI tidak sesuai dengan ketentuan Al-qur’an dan hadis serta pendapat fuqaha terdahulu, ulama yang kontra tentang penghalang kewarisan umumnya ulama yang berusia tua (50 tahaun ke atas) dan berlatar belakang pendidikan dari pondok pesantren tradisional.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.5 Hukum Pidana/Jinayat > 2X4.53 Pembunuhan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Magister Ahwal Syakhshiyyah > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Dec 2021 08:48
Last Modified: 15 Dec 2021 08:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12618

Actions (login required)

View Item View Item