Analisis Pengaruh Tingkat Inflasi dan Fluktuasi Harga Emas Terhadap Penyaluran Pembiayaan Rahn (Studi Kasus pada Produk Gadai Emas Bank Syariah Mandiri Tahun 2015-2020)

Hasibuan, Cindy Avila (2021) Analisis Pengaruh Tingkat Inflasi dan Fluktuasi Harga Emas Terhadap Penyaluran Pembiayaan Rahn (Studi Kasus pada Produk Gadai Emas Bank Syariah Mandiri Tahun 2015-2020). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI CINDYYY.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh tingkat inflasi dan fluktuasi harga emas terhadap penyaluran pembiayaan rahn (studi kasus pada produk gadai emas Bank Syariah Mandiri tahun 2015-2020). Data penelitian ini bersumber dari website resmi Bank Indonesia, PT Antam Indonesia dan PT Bank Syariah Mandiri. Data yang diambil adalah laporan bulanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat inflasi terhadap penyaluran pembiayaan Rahn, mengetahui pengaruh fluktuasi harga emas terhadap penyaluran pembiayaan Rahn dan mengetahui pengaruh tingkat inflasi dan fluktuasi harga emas terhadap penyaluran pembiayaan Rahn. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda dan alat bantu pengolahan data adalah aplikasi Eviews 11. Secara persial hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat inflasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyaluran pembiayaan Rahn PT Bank Syariah Mndiri dengan nilai t hitung sebesar 3,463028 dan nilai signifikan sebesar 0,0000, dan fluktuasi harga emas berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyaluran pembiayaan Rahn PT Bank Syariah Mandiri dengan nilai t hitung sebesar 14,2143 an nilai signifikan sebesar 0,0009. Secara simultan tingkat inflasi dan fluktuasi harga emas berpengaruh terhadap penyaluran pembiayaan rahn PT Bank Mandiri Syariah dengan nilai F hitung sebesar 138,9989 dan signifikansi sebesae 0,0000 dan dapat dilihat dari uji koefisien regresi (R2 ) tingkat inflasi dan fluktuasi harga emas berpengaruh terhadap penyaluran pembiayaan Rahn PT Bank Syariah Mandiri sebesar 80,1% dan 19,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Inflasi, Harga Emas, dan Pembiayaan Rahn
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Dec 2021 04:57
Last Modified: 15 Dec 2021 04:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12611

Actions (login required)

View Item View Item