Peran Badan Penasihatan, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) Dalam Membina Keluarga Sakinah di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Namo Rambe

Putra, Ade (2021) Peran Badan Penasihatan, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) Dalam Membina Keluarga Sakinah di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Namo Rambe. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ade Putra.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keluarga sakinah merupakan keluarga yang memliki ketentraman di dalam rumah tangganya, menjadi damai dan bahagia serta mendapatkan keberkahan dari Allah SWT Untuk dapat meraih sakinah dalam rumah tangga terdapat peran dari BP4, peran tersebut ialah memberikan bekal berupa pengetahuan tentang pernikahan. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran dan masalah yang sering dihadapi oleh BP4 di KUA Kecamatan Namo Rambe dalam membina keluarga sakinah serta metode penyelesaian masalah yang digunakan. Penelitian yang digunakan oleh penulis merupakan penelitian kualitatif, penelitian kualiltatif merupakan penelitian yang bersifat deskriptif, peneliti diharuskan untuk mendeskripsikan suatu objek atau fenomena yang dituangkan ke dalam tulisan berbentuk naratif. Dalam penelitian ini penulis menggunakan dua sumber data yaitu sumber data primer dan sekunder, kemudian penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil temuan yang didapatkan dalam penelitian ini ialah BP4 Kecamatan Namo Rambe telah menjalankan perannya dengan sangat baik. Peran tersebut dapat dilihat dari upaya dan usaha BP4 dalam membina keluarga sakinah di KUA Kecamatan Namo Rambe melalui pelaksanaan program kerjanya. Program kerja tersebut ialah pemberian nasihat pra-nikah, pemberian nasihat pasca nikah, pembinaan pra-nikah secara kelompok, pelaksanaan pemeriksaan Kesehatan kepada calon pengantin, simulasi ijab Kabul pernikahan, serta pemberian bekal ilmu kepada calon pengantin.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran BP4, Keluarga Sakinah, Kantor Urusan Agama, Namo Rambe
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam > 2X7.22 Masyarakat Da’wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Dec 2021 04:46
Last Modified: 15 Dec 2021 04:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12609

Actions (login required)

View Item View Item