Peran Pondok Pesantren At-Taufiqqurrahman Dalam Perencanaan SDM Bagi Santri Berbasis Kewirausahaan Di Gunung Melayu Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara

Tambunan, Asriana Br (2021) Peran Pondok Pesantren At-Taufiqqurrahman Dalam Perencanaan SDM Bagi Santri Berbasis Kewirausahaan Di Gunung Melayu Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ASRIANA BR TAMBUNAN(edit)-2.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang salah satu fungsi dari manajemen yakni perencanaan Sumber Daya Manusia tentang menumbuh kembangkan jiwa kerwirausahaan bagi Santri yang ada di Pondok Pesantren At-Taufiqqurrahman. Metode penelitian ini bersifat deskripstif kualitatif dengan sumber data diperoleh dari data primer, sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan informan yang diambil sebanyak 11 orang yang terdiri dari Pimpinan, Pengurus, Guru, dan Santri yang ada di Pondok Pesantren At-Taufiqqurrahman. Hasil dari penelitian ini adalah yang pertama, tentang Pelaksanaan perencanaan Sumber Daya Manusia yang berbasis kewirausahaan di Pondok Pesantren At-Taufiqurrahman sudah ada, namun tidak memaksimalkan untuk melibatkan santri dalam hal berwirausaha. Selain itu wirausaha yang ada di Pondok Pesantren At-Taufiqqurrahman ini dikelola oleh team ASC dari pengurus Pondok Pesantren At-Taufiqqurrahman. Pembahasan yang kedua adalah tentang upaya pengembangan Sumber Daya Manusia berbasis kewirausahaan di PondokPesantren At-Taufiqurrahman belum berjalan maksimal karena santri kurang diberikan teori-teori tentang berwirausaha. Pembahasan yang ketiga adalah hambatan-hambatan yang terjadi dalam perencanaan sumber daya manusia bagi santri tentang menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan bagi Santri dan Santriwati yang ada di Pondok Pesantren AtTaufiqqurrahman antara lain : Kurangnya dana yang mendukung untuk menumbuhkembangkan usaha-usaha, Sumber Daya Manusia Pengurus dan Santri yang memiliki jiwa wirausaha kurang, jadwal akademik yang padat, perencanaan tentang berwirausaha yang belum tersusun rapi dan sistematis.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 15 Dec 2021 03:43
Last Modified: 15 Dec 2021 03:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12602

Actions (login required)

View Item View Item