Implementasi Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Ditinjau Dari Fiqh Siyasah (Studi Kasus: Keramba Jaring Apung Di Desa Tigaras Kabupaten Simalungun)

Sinaga, Hobby (2021) Implementasi Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Ditinjau Dari Fiqh Siyasah (Studi Kasus: Keramba Jaring Apung Di Desa Tigaras Kabupaten Simalungun). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-HOBBY SINAGA(0203163119).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berbentuk penelitian lapangan yang dilakukan di Desa Tigaras Kecamatan Dolok Pardamean Kabupaten Simalungun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah yakni hendak melihat bagaimana implementasi undangundang nomor 32 tahun 2009 tetang perlindungan dan pengolaan lingkungan hidup di desa tigaras kabupaten simalungun, bagaimana pandangan fiqih siyasah implentasi unadang-undang nomor 32 tahun 2009 tentang pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup di desa tigaras kabupaten simalungun, apa saja upaya dari pmerintah untuk menertibkan keramba jaring apung di desa tigaras kabupaten simalungun. Dalam penelitian ini penulis menetapkan masyarakat pemilik keramba jaring apung serta perusahaan pemilik keramba jaring apung sebagai sample penelitian. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan cara: Observasi (pengamatan), Interview (Wawancara) dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa realita pelaksanaan peraturan nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan Pengolaan Lingkungan Hidup di Keramba Jaring Apung (KJA) yang ada di Desa Tigaras belum berjalan dengan baik, belum telaksana sesuai dengan asas, tujuan dan ruang lingkupnya. pelaksaan peraturan undang-undang tentang pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup dilapangan, yakni pada Keramba Jaring Apung yang ada di Desa Tigaras Kabupaten Simalungun belum berjalan dengan baik, hal ini disebabkan beberapa faktor, peneliti membekan dengan 2 jenis faktor, yakni dari sisi masyarakat dan sisi penegak hukum. Salah satu bentuk tantangan pemerintah dalam penertiban KJA di Desa Tigaras Kabupaten Simalungun adalah Sumber Daya Manusia yang kurang mengerti tentang resiko yang ditimbulkan dari aktivitas KJA yang dilakukan. Salah satu bentuk usaha yang dilakukan pemerintah terkait dengan penertipan KJA di Desa Tigaras Kabupaten Simalungun yakni adanya sosialisasi melalui dinas terkait bersama masyarakat pemilik Keramba Jaring Apung

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 14 Dec 2021 04:10
Last Modified: 14 Dec 2021 04:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12600

Actions (login required)

View Item View Item