Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kunjungan Antenatal Care Di Provinsi Sumatera Utara (Analisis Data SDKI 2017)

Sakilla, Maduri (2021) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kunjungan Antenatal Care Di Provinsi Sumatera Utara (Analisis Data SDKI 2017). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Maduri Sakilla_0801172202_Skripsi Repository.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tingginya Angka Kematian Ibu di Indonesia terkait dengan kualitas perilaku ibu hamil yang tidak memanfaatkan pelayanan antenatal care selama masa kehamilan. Rendahnya kunjungan antenatal care dapat meningkatkan komplikasi maternal dan neonatal serta kematian ibu dan anak karena adanya kehamilan berisiko tinggi yang tidak segera ditangani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktofaktor yang berhubungan dengan kunjungan antenatal care di Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Analisis Data Sekunder SDKI 2017 dan menggunakan desain studi cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 683 ibu usia 15-49 tahun yang pernah melahirkan dan melakukan kunjungan antenatal care selama masa kehamilan. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan, status ekonomi dan pendampingan suami dengan kunjungan antenatal care. Upaya promosi kesehatan harus dimaksimalkan guna meningkatkan pengetahuan ibu hamil mengenai pelayanan antenatal care sebagai upaya peningkatan derajat kesehatan ibu dan anak sehingga dapat mencegah terjadinya risiko pada kehamilan sedini mungkin serta menurunkan angka kematian ibu dan anak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 618 Gynecology and other medical specialities
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 13 Dec 2021 08:39
Last Modified: 13 Dec 2021 08:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12598

Actions (login required)

View Item View Item