Analisis Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Zakat, Infaq, Dan Sedekah (ZIS) Lembaga Amil Zakat Yatim Mandiri Medan

Atmaja, Wandira (2021) Analisis Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Zakat, Infaq, Dan Sedekah (ZIS) Lembaga Amil Zakat Yatim Mandiri Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Repository Skripsi Wandira Atmaja (0502172362).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dana ZIS LAZ dinilai sangat penting sebagai salah satu upaya untuk mempertahankan keberlangsungan lembaga amil zakat. Kurangnya pemahaman dan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga amil zakat, sehingga tidak sedikit masyarakat memilih menyalurkan dananya secara langsung tanpa melalui lembaga amil zakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bentuk transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dana ZIS LAZ Yatim Mandiri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Tekhnik pengumpulan datanya melalui wawancara secara semi terstruktur dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk transparansi yang dilakukan LAZ Yatim Mandiri yaitu: Penyajian informasi LAZ Yatim Mandiri Medan, Sistem keuangan berbasis standar akuntansi, Teknologi informasi ketika pembuatan laporan keuanga, laporan kegiatan dan keuangan. Sedangkan untuk akuntabilitasnya yaitu: Penyelesaian laporan keuangan harian, bulanan dan tahunan, Tim Audit Internal, pengorganisasian program kegiatan tahunan dan harian, monitoring dan evaluasi program kegiatan(kerja), Prinsip-Prinsip pengelolaan dana ZIS, prinsip pengelolaan dana ZIS, penghimpunan dan penyaluran dana ZIS. Saran untuk LAZ Yatim Mandiri mengenai transparansi dan akuntabilitas yaitu dalam penggunaan media sosial khususnya facebook untuk lebih update lagi dikarena kan penulis melihat LAZ Yatim Mandiri Medan mengupdate infomasi kegiatanya tahun 2019. Diharapkan untuk website resmi Yatim Mandiri Medan kedepannya dapat menampilkan seluruh bentuk laporan keuanganya sesuai dengan PSAK 109 tidak hanya laporan perubahan dana saja. Penulis juga menyarakan LAZ Yatim Mandiri untuk berkerja sama dengan siaran radio terdekat sehingga menambah pemahaman dan kepercayaan masyarakat agar banyak masyarakat yang mengetahui apa itu yatim mandiri dan bagaimana pengelolaan dana ZISnya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 06 Dec 2021 07:31
Last Modified: 06 Dec 2021 07:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12559

Actions (login required)

View Item View Item