Analisis Penerapan Metode Perhitungan Penyusutan Aktiva Tetap Dan Dampaknya Terhadap Laba Pada PT Perkebunan Nusantara IV Kebun Pasir Mandoge

Windriyani, Yuli (2021) Analisis Penerapan Metode Perhitungan Penyusutan Aktiva Tetap Dan Dampaknya Terhadap Laba Pada PT Perkebunan Nusantara IV Kebun Pasir Mandoge. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Yuli Windriyani_0502172358.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah metode perhitungan penyusutan Aktiva tetap PT Perkebunan Nusantara IV Kebun Pasir Mandoge sudah sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. Serta untuk mengetahui efektifitas metode penyusutan aktiva tetap dalam penentuan laba di perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yakni data yang diberikan perusahaan mulai dari tahun 2017 sampai dengan 2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif dengan format deskriptif. PT Perkebunan Nusantara IV Kebun Pasir Mandoge menggunakan PSAK No.16 sebagai dasar perhitungan penyusutan aktiva tetap. Metode yang di pilih PT Perkebunan Nusantara IV Kebun Pasir Mandoge dalam menentukan beban penyusutan di perusahaan ialah Metode Garis Lurus. Metode ini sudah efektif dalam penentuan beban penyusutan aktiva tetap yang ada di perusahaan, dan metode ini juga sangat berdampak pada laba perusahaan. Hal ini dikarenakan laba yang didapatkan perusahaan dengan menggunakan metode garis lurus lebih besar jika dibandingkan dengan metode jumlah angka tahun dan metode saldo menurun ganda.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 06 Dec 2021 04:38
Last Modified: 06 Dec 2021 04:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12557

Actions (login required)

View Item View Item