Analisis Asymmetric Information Terhadap Pembiayaan Mudharabah Dan Penanganannya Pada PT. Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan

Lubis, Ayu Ananda (2021) Analisis Asymmetric Information Terhadap Pembiayaan Mudharabah Dan Penanganannya Pada PT. Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi ayu ananda lubis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab, dampak dan cara menangani masalah asymmetric information pada pembiayaan mudharabah di PT. Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan. Masalah asymmetric information (informasi asimetrik) terjadi dalam kontrak pembiayaan apabila peminjam (mudharib) memiliki informasi yang tidak dimiliki atau tidak dapat diakses oleh bank sebagai pemberi pinjaman (shahibul maal). Asymmetric information dapat terjadi dalam dua bentuk yaitu adverse selection dan moral hazard. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Sumber data pada penelitian ini meliputi dua kategori, yaitu data primer dan data sekunder. Subjek pada penelitian ini adalah karyawan PT. Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan pada bagian pengelolaan yang berkompetensi di bidang pembiayaan mudharabah. Hasil penelitian diketahui bahwa masalah asymmetric information yang terjadi pada PT. Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan disebabkan oleh beberapa hal yaitu sulitnya bank menilai karakter asli dari nasabah, kesalahan dalam analisa, penyimpangan etika serta kurangnya pengawasan (monitoring) yang dilakukan oleh bank. Dengan adanya masalah asymmetric information ini memberikan dampak negatif bagi bank khususnya bagi pendapatan bank yang akan menurun. Untuk itu dalam mencegah masalah asymmetric information PT. Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan melakukan berbagai upaya dari screening, verifikasi sampai monitoring. Lebih lanjut, jika masalah asymmetric information telah terjadi maka bank akan menanganinya dengan dua cara yaitu penyelamatan pembiayaan yang berupa penjadwalan kembali (rescheduling) pertama, persyaratan kembali (reconditioning), penataan kembali (restructuring) dan penyelesaian pembiayaan bermasalah dengan cara penagihan, gugatan hukum, eksekusi lelang hak tanggungan, dan WO (Write Off).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 06 Dec 2021 04:20
Last Modified: 06 Dec 2021 04:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12556

Actions (login required)

View Item View Item