Pengaruh Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Terhadap Pengendalian Biaya Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Silaupiasa

Ritonga, Nadia Anggraini (2021) Pengaruh Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Terhadap Pengendalian Biaya Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Silaupiasa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Nadia Anggraini Ritonga (0502172348)-dikonversi (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perusahaan memiliki tujuan untuk dapat memaksimalkan laba demi kelancaran operasional perusahaan. Untuk mendapatkan laba yang maksimal perlu diadakannya pengendalian pada variabel biaya. Dalam melakukan pengendalian biaya perlu adanya laporan pertanggungjawaban dari bagian unit bawah ke atas. Dengan diterapkannya akuntansi pertanggungjawaban diharapkan dapat membantu manajer dalam mengambil keputusan di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Struktur Organisasi, Perencanaan/Anggaran, Pelaksanaan/Pengendalian dan Pelaporan dalam Akuntansi Pertanggungjawaban Terhadap Pengendalian Biaya Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Silaupiasa Asahan. Baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini mengunakan metode kasual dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner, dan teknik sampling jenuh sebanyak 106 responden (pegawai PDAM Tirta Silaupiasa). Data dianalisis menggunakan metode regresi linear berganda. Pengujian dibantu Software SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis pertama, Struktur Organisasi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengendalian Biaya. Hipotesis kedua, Perencanaan/Anggaran (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengendalian Biaya. Hipotesis ketiga, Pelaksanaan/Pengendalian (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengendalian Biaya. Hipotesis keempat, Pelaporan (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengendalian Biaya. Dan hipotesis kelima, dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,868 menunjukkan Struktur Organisasi, Perencanaan/Anggaran, Pelaksanaan/Pengendalian dan Pelaporan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengendalian Biaya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 25 Nov 2021 05:17
Last Modified: 25 Nov 2021 05:17
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12536

Actions (login required)

View Item View Item