Keabsahan Jual Beli Kerupuk Dari Bahan Olahan Yang Sudah Lama Menurut KHES (Studi Kasus Desa Tanjung Medan Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan)

Ritonga, Fitri Hayati (2021) Keabsahan Jual Beli Kerupuk Dari Bahan Olahan Yang Sudah Lama Menurut KHES (Studi Kasus Desa Tanjung Medan Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
skripsi fitri hayati ritonga 123.pdf

Download (3MB)

Abstract

Praktik jual beli kerupuk yang dilakukan ditengah masyarakat Desa Tanjung Medan, bahwasanya pihak konsumen tidak mengetahui dimana pihak produksi kerupuk melakukan kecurang dalam memproduksi kerupuk, dengan mengunakan bahan yang sudah lama yaitu kerupuk yang lama dalam memproduksi olahan kerupuk yang baru, dimana hal tersebut menyebabkan resiko kerupuk tersebut tidak bisa dikatakan baru dan tidak tahan lama, juga membuat kerupuk tersebut bauk serta tidak sehat untuk dikonsumsi. Dalam penelitian ini dikemukakan inti permasalahan sebagai berikut: bagaimana proses pengolahan kerupuk dari bahan olahan yang sudah lama di desa Desa Tanjung Medan Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan, bagaimana praktik jual beli kerupuk dari bahan olahan yang sudah lama di desa Tanjung Medan Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan, dan persepektif KHES dan BPOM terhadap hukum jual beli kerupuk dari bahan olahan yang sudah lama di desa Tanjung Medan Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Jenis penelitian ini adalah Yuridis Empirisyaitu suatu metode penelitian hukum yang berfungsi untuk melihat hukum dalam artian nyata dan meneliti bagaimana bekerjanya hukum di lingkungan masyarakat, lapangan (field research),dan penelitian library researchyaitu menggunakan buku-buku. 1 . Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data menggabungkan antara field research dan library research. pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sociologicalapproach.dan conceptual approach. Bahan hukum yang dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian didapati bahwasanya Hukum jual beli kerupuk dari bahan olahan yang sudah lama di desa Tanjung Medan Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan adalah haram termasuk kedalam jual beli gharar karena tidak sesuai dengan ketentuan menurut KHES dalam buku ke II bab IV bagian keenam pasal 76 dijelaskan mengenai syarat obyek yang diperjualbelikan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 25 Nov 2021 04:45
Last Modified: 25 Nov 2021 04:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12529

Actions (login required)

View Item View Item