Konsep Al-Mau‘iẓah Dalam Al-Qur’an Dan Relevansinya Dalam Pendidikan Islam

Siregar, M. Fajri Syahroni (2020) Konsep Al-Mau‘iẓah Dalam Al-Qur’an Dan Relevansinya Dalam Pendidikan Islam. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
M Fajri Syahroni Siregar Tesis JILID.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Al-Mau‘iẓah merupakan salah satu metode yang digunakan di dalam pembelajaran pendidikan Islam. Tujuan dilakukan penelitian ini, yaitu mengetahui konsep al-Mau‘iẓah di dalam Al-Qur’an dan menjelaskan bagaimana relevansi konsep al-Mau‘iẓah ini dalam pendidikan Islam. Al-Mau‘iẓah diharapkan akan menambah wawasan terkait dengan Pendidikan Islam. Penelitian yang peneliti lakukan ini termasuk penelitian kualitatif dan saat mengumpulkan datanya menggunakan dan metode Mawḍûʻȋ. Data ini akan disajikan dalam bentuk deskriptif berupa kalimat-kalimat. Data pada penelitian ini akan dikumpulkan dan dianalisis kemudian dicarilah relevansinya dalam pendidikan Islam. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa al-Mau‘iẓah merupakan metode nasehat dan makna dari al-Mau‘iẓah diartikan oleh mufassir sebagai peringatan, pelajaran. Al-Mau‘iẓah memiliki relevansi dalam pendidikan Islam dikarenakan manusia sangat membutuhkan nasehat. Al-Mau‘iẓah seharusnya digunakan dalam Pendidikan Islam dan seharusnya dilakukan dengan cara yang baik dan lemah lembut Konsep al-Mau‘iẓah ini sangat cocok diberikan pada peserta didik agar mereka bisa taat pada peraturan yang telah ditetapkan. Apalagi tidak semua siswa dapat mendengarkan perintah oleh guru, sehingga al-Mau‘iẓah dapat dipakai oleh guru karena perannya sebagai pendidik dalam ruang lingkup pendidikan.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 25 Nov 2021 04:02
Last Modified: 13 Jan 2022 05:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12527

Actions (login required)

View Item View Item