Persepsi Calon Pasangan Menikah Terhadap Kinerja Pelayanan Pembimbing Agama Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Percut Sei Tuan

Sirait, Nisa Arianti (2021) Persepsi Calon Pasangan Menikah Terhadap Kinerja Pelayanan Pembimbing Agama Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Percut Sei Tuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NISA ARIANTI Sirait.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penilitian ini bertujuan: Pertama, untuk mengetahui persepsi calon pasangan menikah terhadap pelayanan pembimbing Agama di Kantor Urusan Agama Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Kedua, untuk mengetahui Kinerja Pelayanan Pembimbing Agama di Kantor Urusan Agama Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. ketiga, untuk mengetahui faktor mempengaruhi calon pasangan menikah dalam menilai kinerja pelayanan pembimbing di Kantor Urusan Agama Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berdasarkan riset lapangan. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa Kantor Urusan Agama merupakan tempat dimana semua calon pasangan untuk mengadakan bimbingan dan berkas untuk menuju pernikahan. Kemudian bagaimana persepsi pasangan terhadap kinerja pembimbing agama yang ada di kantor urusan agama. Calon pasangan yang tertera dari bulan Juni-Juli sekitar 150 pasang serta calon pasangan yang melakukan bimbingan mandiri 5 pasang dan bimbingan kelompok 15 pasang. Pelaksanaan bimbingan agama di Kantor Urusan Agama Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang dengan menggunakan dua metode: metode secara mandiri dan kelompok (tatap muka). Meliputi berbagai kegiatan bagi pasangan yang melakukan bimbingan kelompok (tatap muka) seperti sholat berjamaah, ceramah keagamaan, dan seputar arahan tentang bimbingan agama dan pernikahan. Keberhasilan bimbingan agama tidak terlepas dari unsur-unsur bimbingan agama itu sendiri, salah satu diantaranya adalah unsur materi yang diberikan berdasarkan Al-Quran dan Hadis Nabi yang disesuaikan dengan keadaan atau kondisi pasangan. Materi tersebut meliputi aqidah /keimanan sya’riah /ibadah, kajian pernikahan dan akhlak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social intercd /ction
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 23 Nov 2021 07:47
Last Modified: 23 Nov 2021 07:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12525

Actions (login required)

View Item View Item